Berita Bitcoin · 5 min read

Data On Chain Ungkap Mayoritas Investor Bitcoin Tengah Merugi

Investor Bitcoin merugi

Ada banyak indikator yang dapat digunakan dalam menilai tinggi-rendahnya harga Bitcoin saat ini, salah satunya adalah Realized Price yakni harga rata-rata pembelian semua Bitcoin yang beredar.

Dari data terbaru per 3 Januari 2023, realized price Bitcoin adalah $19.753 di atas harga perdagangan Bitcoin yakni $16.679. Apa arti dari harga realized price tersebut? Simak penjelasannya di sini.

Bitcoin Realized Price

bitcoin
Gambar: Realized price Bitcoin terbaru lebih tinggi daripada harga Bitcoin sebenarnya

Harga Bitcoin sudah di bawah realized price selama 113 hari (hampir 4 bulan) semenjak 13 September 2022. Data terbaru per 3 Januari 2023, realized price Bitcoin adalah $19.753 yang lebih tinggi daripada harga Bitcoin sebenarnya $16.679.

Realized Price adalah harga rata-rata pembelian semua Bitcoin yang beredar yang dihitung dengan cara membagi nilai semua Bitcoin yang dibeli dengan harga bersangkutan dengan total Bitcoin yang beredar.

Jika realized price lebih tinggi daripada harga Bitcoin sebenarnya maka rata-rata holder Bitcoin sedang mengalami kerugian. Sebaliknya jika realized price Bitcoin lebih rendah daripada harga Bitcoin sebenarnya maka rata-rata holder Bitcoin sedang mengalami profit.

Bitcoin Ada Potensi Naik Kembali

Realized price harga Bitcoin. Sumber: Glassnode
Realized price harga Bitcoin. Sumber: Glassnode

Ini bukan kali pertamanya harga Bitcoin berada di bawah realized price. Pada 28 Desember 2014, harga Bitcoin $317 di bawah realized price selama 299 hari dan harga Bitcoin mengalami kenaikan lebih dari 2 kali lipat setelahnya menuju harga tertinggi $790 pada tahun 2016.

Pada 22 November 2018, harga Bitcoin $4.415 di bawah realized price selama 132 hari dan harga Bitcoin mengalami kenaikan hampir 3 kali lipat setelahnya menuju harga tertinggi $13.773 pada tahun 2019.

Dengan mempertimbangkan rentang hari kejadian pada masa lalu dengan jumlah hari pada periode sekarang, maka ada kemungkinan bahwa Bitcoin bottom sudah dekat dan kemungkinan besar terjadi pada tahun 2023 ini, dan jika bottom sudah terjadi, harga Bitcoin memiliki potensi kenaikan kembali.


Berdasarkan analisa teknikal Bitcoin untuk tahun 2023 merujuk pada artikel Coinvestasi, harga Bitcoin masih memungkinkan untuk menuju harga terendah di area harga $14.000.

Jadi indikator ini memang menunjukan bahwa rata-rata holder Bitcoin sedang mengalami kerugian namun masih ada peluang bahwa harga Bitcoin akan lebih rendah dari harga sekarang.

Baca juga: Harga Bitcoin 2023 Bakal Sentuh $32.000, Ini Analisanya!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.