DappRadar: Total Nilai Terkunci Meningkat 936%, Sektor NFT Menguat

Anisa Giovanny

3rd October, 2021

Penelitian baru oleh platform analitik DappRadar telah mengungkapkan sejauh mana pasar keuangan terdesentralisasi dan nonfungible token (NFT) telah tumbuh tahun ini.

Dalam ““Value Flow Report”” 30 September, platform analitik kripto DappRadar melaporkan bahwa tren baru-baru ini telah melihat pertumbuhan yang cukup besar dalam NFT dan game blockchain, tetapi DeFi juga masih menghasilkan nilai yang substansial.

“Meskipun nilai mengalir sampai batas tertentu dari DeFi ke NFT, tampaknya kedua kategori menghasilkan nilai secara independen,” tulis laporan tersebut.

Penelitian ini menyelidiki DeFi berbasis Ethereum yang masih menjadi kekuatan dominan di sektor ini meskipun munculnya jaringan saingan seperti Binance Smart Chain (BSC), Solana, dan Avalanche.

Nilai terus mengalir dengan Wrapped Ethereum naik 400% sejak Juli 2020 dan stablecoin Tether dan Dai masing-masing meningkat 1.300% dan 500% selama periode yang sama.

DappRadar saat ini melaporkan total nilai terkunci atau TVL berjumlah  $114,8 miliar yang merupakan peningkatan 936% sejak waktu yang sama tahun lalu.

Laporan tersebut menambahkan bahwa TVL industri tumbuh 75% antara 23 Juli dan 5 September, mencapai puncak $ 195 miliar di semua rantai.

Blockchain Binance Smart Chain di Posisi Dua

Pada saat menyusun penelitian, 68% dari semua jaminan yang dikunci di DeFi didasarkan pada Ethereum. BSC adalah blockchain terbesar kedua dalam hal TVL dengan $17,8 miliar saat ini terkunci, atau 15,5% dari total.

PancakeSwap DEX mendominasi DeFi di BSC dengan $8,7 miliar di TVL. Rantai terbesar ketiga dalam hal jaminan DeFi di DappRadar adalah Polygon dengan $2,7 miliar terkunci.

Namun laporan tersebut tidak menyertakan data untuk Solana yang memiliki $9,5 miliar terkunci menurut situs web analitik alternatif DeFiLlama.

Laporan tersebut mencatat bahwa NFT melihat rekor volume pada bulan Agustus dengan total perdagangan senilai $5,2 miliar. Ethereum juga merupakan jaringan dominan di kancah NFT dengan 90% dari semua volume di blockchain-nya.

Pasar NFT OpenSea adalah pemimpin pasar dan 99,7% perdagangannya terjadi di Ethereum meskipun platform menawarkan opsi USDC, DAI, dan Polygon (MATIC) untuk penjual.

Laporan tersebut menyimpulkan bahwa pertumbuhan NFT bersifat organik dan tidak mengeluarkan banyak likuiditas dari protokol DeFi. Secara keseluruhan, tampaknya nilai dalam DeFi terus tumbuh, sementara NFT mampu menghasilkan aliran nilai yang besar di bulan Agustus.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency