Crypto Terbaik 2021, Naik Puluhan Ribu Persen!

Naufal Muhammad

29th December, 2021

Tahun 2021 memperlihatkan pergerakan crypto yang cukup mengesankan, dengan apresiasi tinggi yang terjadi walau terdapat beberapa koreksi.

Dalam pergerakan yang membuat banyak orang tertarik terhadap crypto ini, terdapat lima crypto yang menarik perhatian investor di 2021.

Perhatian lebih ini datang akibat pergerakan harganya yang signifikan positif dan juga ekosistemnya yang berkembang pesat, mendorong banyak adopsi.

Gala Games (GALA)

Pertama adalah Gala Games (GALA) sebuah organisasi baru di dunia crypto yang ingin menciptakan sebuah ekosistem Non Fungible Token (NFT) berbasis blockchain.

GALA  ingin menjadi sebuah organisasi yang memiliki NFT di bidang seni namun juga sekaligus di bidang permainan atau game.

Blockchain Gala Games memiliki jaringannya sendiri bernama Gala Network yang bergerak dengan tiga lapisan sistem konsensus.

Tiga lapisan tersebut adalah Proof of Work, Proof of Stake, dan juga Proof of Storage yang digabungkan dalam satu Blockchain yaitu Blockchain Gala Network.

Blockchain Ini juga bersifat terbuka, akibat seluruh pihak yang mengetahui jaringannya dapat menjadi validator dengan penjelasan yang telah diberikan.

GALA memiliki beberapa permainan, berbeda dengan proyek game lain yang hanya memiliki satu proyek game.

Ketertarikannya membawanya menjadi salah satu crypto dengan apresiasi tertinggi di 2021 yaitu sekitar 162.166% hanya dalam satu tahun.

GALA menjadi proyek dengan ketertarikan tinggi juga akibat luasnya ekosistem GALA. Saat ini GALA memiliki delapan permainan, dimana tiga diantaranya telah tersedia untuk dipermainkan.

Game yang terbaru saat ini adalah Mirandus, yang juga menjadi pendorong apresiasinya dalam beberapa pekan terakhir.

Lima game lainnya sedang dalam perkembangan yang juga membuat kepercayaan terhadap GALA terus meningkat dan mendorong harganya terus naik.

Terra (LUNA)

Kedua adalah Terra merupakan sebuah proyek dengan blockchain sendiri dan memiliki stablecoin bernama UST dan koin bernama LUNA.

Ia memiliki lebih dari satu crypto dalam jaringannya akibat ingin menyelesaikan masalah manipulasi yang ada di stablecoin.

Blockchain ini didirikan untuk menjadi platform utama dalam sistem pembayaran dunia yang menggabungkan fiat serta crypto dengan mudah.

Tujuan utama blockchain ini adalah memberikan jaringan perpindahan dana yang cepat, efisien, transparan, namun tetap menjaga privasi. 

Blockchain Terra juga berdiri berkat adanya inovasi yang dilakukan oleh Tendermint, perusahaan yang bertanggung jawab dalam menciptakan Blockchain Cosmos. 

Secara keseluruhan Blockchain Terra didirikan untuk memberikan jaringan yang ramah lingkungan dan efisien untuk sistem pembayaran.

Untuk mencapai tujuan tersebut, mekanisme yang digunakan blockchainnya adalah mekanisme Delegated Proof of Stake.

Terra dibuat unik akibat UST dan LUNA, dimana mekanisme UST memiliki perbedaan dengan penerbitan stablecoin lain.

Sistem UST menggunakan sistem moneter elastis, dimana perubahan persediaannya bukan berdasarkan jaminan namun berdasarkan permintaan terhadap UST.

Penyesuaian nilai UST dan persediaannya ini melibatkan LUNA. Caranya adalah dengan mengurangi dan menambah persediaan LUNA melalui penerbitan dan burn atau penghapusan.

Akibat keunikan ini, LUNA berhasil naik sekitar 20599,6% di 2021 ini. Ekosistemnya juga terus meluas di Sektor DeFi dan NFT yang membuatnya menjadi salah satu crypto yang menarik perhatian di 2021.

Axie Infinity Shards (AXS)

Ketiga adalah Axie Infinity, yang menjadi salah satu proyek crypto paling terkenal di Tahun 2021. Ketenaran ini meningkat akibat banyaknya orang yang menghasilkan keuntungan dari Axie Infinity.

Axie Infinity adalah game berbasis blockchain dan NFT untuk mendapatkan crypto dari bermain game.

Game tersebut menggunakan karakter dalam bentuk NFT yang bisa berkembang biak, bertempur, dan diperdagangkan untuk menghasilkan crypto yang bisa diuangkan.

Proyek ini dikembangkan oleh Sky Mavis, sebuah studio game yang berfokus pada teknologi yang didirikan pada awal 2018. Game Axie terinspirasi oleh game Pokemon dan Tamagotchi.

Pemain akan diberikan imbalan dalam bentuk Smooth Love Potion (SLP) yang kemudian dapat ditukarkan dengan fiat atau digunakan untuk mengembangbiakkan Axie.

Dalam ekosistem Axie Infinity, terdapat juga token AXS yang dapat digunakan untuk governance atau pemungutan suara dalam suatu perubahan.

AXS sendiri juga saat ini sudah tersedia untuk staking dan telah tersedia di beberapa platform dengan keuntungan yang cukup menarik.

Harga Tokennya telah naik sekitar 15.398.8% hanya di 2021 dengan banyaknya pemain yang mulai masuk ke dalam Axie Infinity.

Untuk saat ini Axie Infinity adalah salah satu proyek yang menarik juga karena ekosistemnya yang terus berkembang.

Pembaruan terakhir yang sedang ditunggu adalah peluncuran metaverse melalui penggunaan tanah virtual yang telah berhasil diperdagangkan beberapa bulan yang lalu.

Polygon (MATIC)

Keempat adalah Polygon, salah satu blockchain yang telah meramaikan ekosistem blockchain Ethereum akibat menurunkan biaya transaksinya.

Polygon adalah Blockchain dengan mekanisme validasi transaksi Proof of Stake dan kecepatan blockchain pada 65.000 transaksi per detik.

Blockchain ini sebelumnya bernama Matic Network, dan berubah menjadi Polygon setelah terjadi beberapa pembaruan.

Saat ini Polygon memiliki blockchain sendiri dengan kegunaan yang luas. Namun ketenarannya meningkat setelah Polygon bergerak menjadi blockchain lapisan kedua untuk Ethereum.

Kerja sama ini membantu kelancaran pada Blockchain Ethereum, terutama di masa tingginya biaya transaksi jaringan Ethereum dan kurang cepatnya validasi transaksinya.

Hal ini membuat seluruh pengguna dan proyek yang berada di Ethereum dapat bergerak di Polygon, sehingga saat biaya mahal atau Ethereum bermasalah, terdapat alternatif yang lebih murah dan lancar.

Hanya di 2021, MATIC sendiri mengalami peningkatan harga hingga 14.117.8% yang juga didorong oleh banyaknya pembaruan dalam blockchainnya.

Ekosistemnya juga terus berkembang, mulai dari Sektor DeFi hingga NFT, Blockchain Polygon telah membantu kelancaran transaksi untuk investor crypto.

Solana (SOL)

Kelima adalah Solana, salah satu blockchain terbesar yang kapitalisasi pasarnya terus meningkat hanya di Tahun 2021 ini.

Setelah di awal 2021 Solana tidak banyak diketahui banyak orang, saat ini ia telah naik menuju peringkat kelima dalam kapitalisasi pasar crypto.

Solana sendiri merupakan sebuah blockchain dengan mekanisme konsensus baru yang masuk ke dalam generasi ketiga.

Mekanisme konsensus ini adalah Proof of History, yang membuat kecepatan transaksinya sangat tinggi yaitu di sekitar 65.000 transaksi per detik dan potensi mencapai 171.000 per detik.

Saat ini ekosistemnya juga terus berkembang dengan adanya lebih dari 900 proyek yang bergerak pada blockchainnya.

Ketertarikan terhadap Solana terus bergerak naik akibat kecepatan transaksinya yang membuatnya salah satu blockchain tercepat dibanding blockchain lain.

Selain itu ketertarikannya juga terlihat meningkat akibat adanya proyek NFT yang sempat mengalami ketenaran tinggi setelah terjadi penjualan dalam volume yang relatif besar.

Hanya di Tahun 2021, harganya mengalami apresiasi sekitar 12.014.3% yang juga menjadi pendorong kapitalisasi pasarnya untuk naik ke peringkat lima.

Akibat teknologi dan juga apresiasinya, Solana telah dianggap sebagai salah satu dari beberapa crypto yang dianggap baik di 2021 dari sisi harga maupun adopsi.

Kamu juga dapat mendapatkan informasi ini dengan menonton video di Youtube Coinvestasi berikut.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.