Berita Bitcoin · 6 min read

CPI AS Dirilis, Harga Bitcoin Alami Flash Dump ke US$68.000

Harga Bitcoin

Harga Bitcoin mengalami penurunan signifikan sebesar enam persen dari level US$73.000 ke US$68.000 pada dini hari (13/3/2024). Turunnya harga Bitcoin juga diikuti oleh Ethereum yang sempat merosot ke level US$3.800.

Data dari Coinglass menunjukkan bahwa dalam 12 jam terakhir, posisi LONG senilai US$156,37 juta telah terlikuidasi, dengan perdagangan Bitcoin mencapai US$73,08 juta dan Ethereum sebesar US$52,49 juta.

Gambar: Likuidasi di pasar futures. Sumber: Coinglass.

Namun, saat artikel ini dirilis, terjadi pemulihan harga dengan Bitcoin kembali mencapai level US$72.000 dan Ethereum naik ke US$4.000.

Baca juga: Harga Bitcoin dan Ethereum Menguat Jelang Laporan CPI AS

CPI Naik Tak Sesuai Prediksi

Penurunan ini terjadi setelah dirilisnya data indeks konsumen (CPI) Amerika Serikat yang menunjukkan angka yang lebih tinggi dari perkiraan, yaitu sebesar 0,4% pada bulan Februari.

Menurut data dari Biro Statistik Tenaga Kerja AS (BLS), tingkat tahunan CPI naik menjadi 3,2%, melebihi perkiraan sebesar 3,1% dan angka bulan Januari yang juga sebesar 3,1%.

Dalam rilis resmi BLS, diketahui bahwa kenaikan harga tempat tinggal dan bensin menjadi penyebab utama dari kenaikan bulanan pada indeks CPI semua item, dengan kontribusi lebih dari 60%.

Setelah dirilisnya data CPI, pelaku pasar mulai memperdebatkan kemungkinan penurunan suku bunga oleh Federal Reserve dalam beberapa bulan mendatang. Namun, menurut alat FedWatch CME, peluang penurunan suku bunga pada bulan Maret hanya sebesar 2% saat artikel ini ditulis, menurun dari 15% pada tanggal 12 Februari.

Hal ini menandakan bahwa pasar memperkirakan bank sentral AS akan mempertahankan suku bunga stabil pada bulan ini dan pada bulan Mei, dengan kemungkinan pemotongan pertama terjadi pada bulan Juni.

Baca juga: Bursa Efek London Pertimbangkan Buka Perdagangan Bitcoin

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.