Berita Blockchain · 5 min read

ConsenSys & WWF Kerjasama Untuk Tranparansi Filantropi

ConsenSys, sebuah startup blockchain yang didirikan oleh co-founder Ethereum (ETH) Joseph Lubin, dan World Wildlife Fund (WWF) telah bersama-sama meluncurkan platform Impactio untuk membawa transparansi ke dalam filantropi.

Pada pengumuman yang dibuat pada 24 September, Kerjasama baru antara ConsenSys dan WWF menghasilkan platform berbasis blockchain Ethereum yang dijuluki Impactio.

Platform tersebut dirancang untuk mengawasi dan mendanai proyek-proyek dalam organisasi non-pemerintah dan perusahaan mandiri. Dorongan di balik inisiatif ini adalah untuk melacak bagaimana dana perusahaan dihabiskan dalam proyek dampak sosial.

Apa yang diselesaikan Impactio?

Individu dan perusahaan yang menggunakan Impactio harus menyerahkan proyek-proyek mereka, memberikan tujuan yang jelas untuk aspek-aspek seperti keberlanjutan, ketidaksetaraan, komunitas yang muncul atau lingkungan sesuai dengan 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB.

Setelah itu, kurator menerima Token Impactio dalam dompet digital, dengan platform menggunakan sistem berdasarkan penelitian ConsenSys tentang Token Curated Registry (TCR) untuk mengkurasi dan memilih proyek berpotensi tinggi dan kemudian menyerahkannya kepada calon pemberi dana.

Baca juga: Platform Ethereum Membantu Meningkatkan Industri Tiket

Menurut Robby Greenfield, salah satu pendiri di ConsenSys Social Impact, “Banyak organisasi nirlaba berjuang untuk menunjukkan bahwa mereka menggunakan dana mereka secara efektif dan bagaimana hal itu menyelaraskan tujuan pemberi dana mereka.”

Memang, sebuah studi firma hukum Nolo mengungkapkan bahwa 75% hingga 85% dari 220.000 organisasi nirlaba mengalokasikan pengeluaran mereka dengan tidak tepat.

Pemain industri merangkul blockchain dalam filantropi

Seperti Francesco Nazari Fusetti, wirausahawan sosial dan pendiri token AidCoin berbasis platform Ethereum dan platform layanan lengkap CharityStars, sebelumnya mengatakan kepada Cointelegraph: “Badan amal harus tetap berhubungan dengan donor mereka sepanjang jalan melalui proyek, dan terus memperbarui mereka tentang yang baru tonggak pencapaian” untuk membuktikan bahwa kisah sukses itu benar, serta untuk memastikan pekerjaan itu berkelanjutan.

“Menambahkan bukti keuangan dan bukti pembayaran pasti membantu menciptakan kisah sukses, tetapi hanya dengan crypto dan blockchain kami dapat bertujuan untuk memberikan transparansi penuh tentang penggunaan dana.”

Robby Greenfield, Co-founder at ConsenSys

Pada awal September, muncul berita bahwa Rainforest Foundation US, sebuah LSM nirlaba yang berbasis di New York yang bekerja di Amerika Tengah dan Selatan, berharap untuk mendukung upaya anti-deforestasi dengan teknologi crypto dan blockchain.

Binance Charity, sayap filantropis pertukaran cryptocurrency utama Binance, juga memulai kampanye untuk membantu mendukung korban Badai Dorian.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dhila Rizqia

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.