Berita Industri · 7 min read

Circle Penerbit USDC Dirumorkan Bakal IPO Tahun Depan!

CIRCLE IPO

Circle, perusahaan penerbit stablecoin USDC dikabarkan sedang mempertimbangkan dengan serius untuk melakukan initial public offering atau IPO tahun depan.

Dikutip dari Bloomberg, perwakilan Circle yang tidak disebutkan namanya menyebutkan diskusi terkait IPO masih dalam tahap awal. 

“Menjadi perusahaan publik yang terdaftar di AS telah lama menjadi bagian dari aspirasi strategis Circle. Kami tidak mengomentari rumor tersebut,’” kata perwakilan Circle kepada Bloomberg. 

Rumor mengenai IPO Circle mulai berhembus sejak keputusan perusahaan untuk mengakhiri perjanjian merger dengan Concord Acquisition, sebuah perusahaan blank check yang dipimpin oleh mantan CEO Barclays Bob Diamond pada 2021. Langkah ini menandakan perubahan strategi Circle dalam upayanya untuk go public.

Circle memiliki dukungan finansial yang besar, setelah mengumpulkan dana dari investor terkemuka. Beberapa diantaranya adalah Goldman Sachs, General Catalyst Partners, BlackRock, Fidelity, dan Marshall Wace. Axios melaporkan kekayaan perusahaan sebesar US$7,7 miliar pada putaran pendanaan tahun 2022.

Baca juga: Layanan Web3 Grab Singapura Bermitra dengan Circle

Valuasi Circle Belum Jelas

Sementara itu, valuasi Circle untuk IPO masih belum jelas, sedangkan total kapitalisasi pasar USD Coin (USDC) yang diterbitkan perusahaan tersebut saat ini mencapai US$24,43 miliar, menjadikan stablecoin di peringkat keenam di antara aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar. 

Apabila Circle melakukan IPO, ini akan menambah daftar perusahaan kripto yang melantai di bursa Amerika Serikat setelah pertukaran kripto Coinbase yang go public pada bulan April 2021. 

Baca juga: Coinbase Mulai Ekspansi Keluar Amerika Serikat

Pada saat pencatatannya, perusahaan tersebut memiliki valuasi $100 miliar. Harga saham Coinbase dimulai dari US$381 per saham, naik hingga $430, dan kemudian turun kembali ke US$328 sebelum stabil di sekitar area tersebut. Seperempat sebelum penawaran umum, exchange tersebut memperoleh pendapatan US$1,8 miliar dan memiliki 56 juta pengguna terverifikasi.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.