CBDC Makin Siap, China Bagikan Airdrop Digital Yuan Hingga Rp65 Miliar

Anisa Giovanny

6th June, 2021

Selama lebih dari tujuh tahun mengembangkan mata uang digital bank sentral atrau CBDC, kini Cina dengan digital yuannya semakin siap untuk meluncurkan CBDC mereka. Proyek ini sendiri telah memasuki tahap pengujian penting dan siap digunakan oleh warga.

Sebuah laporan oleh CNBC mengonfirmasi bahwa China akan memberikan sekitar $6,2 juta dalam mata uang digitalnya kepada orang-orang beruntung yang tinggal di ibu kota, Beijing. Raksasa Asia itu akan memilih penerima CBDC melalui undian. Untuk berpartisipasi, warga harus mengunduh dua aplikasi perbankan yang memungkinkan mereka mendaftar dan mengikuti kontes. Batas akhir pendaftaran tanggal 7 Juni.

Orang-orang yang dipilih dalam lotere akan menerima salah satu dari 200.000 “paket merah”, menurut laporan. Amplop ini berisi $31 atau sekitar 200 yuan untuk digunakan di toko-toko tertentu. Bank Rakyat China (PBOC) telah beroperasi dengan mekanisme yang sama di bagian lain negara itu untuk menguji CBDC mereka.

Digital Yuan Bisa Diluncurkan di Ethereum?

CBDC China tampaknya lebih jauh dalam pengembangan dari proyek-proyek lain di seluruh dunia. Sebulan yang lalu, afiliasi Alibaba, Ant Group, salah satu penyedia layanan pembayaran terbesar di China, menandatangani kerja sama dengan PBOC untuk mengirimkan database mereka.

Ini adalah bagian dari “pengembangan bersama” antara lembaga dan perusahaan swasta lainnya untuk memajukan kemajuan CBDC. PBOC tampaknya membutuhkan bantuan dalam dua bidang penting: infrastruktur dan saluran distribusi.

Yao Qian, anggota Komisi Pengaturan Sekuritas China, menyarankan penggunaan jaringan Ethereum atau jaringan Diem untuk meluncurkan Digital Yuan. Pejabat pemerintah mempresentasikan kasus ini di International Financial Forum (IFF) 2021 di Beijing.

Namun, seperti yang dikatakan pengusaha Qiao Wang, pejabat pemerintah itu hanya membuat eksperimen.

“ Ini bukan pernyataan, ini adalah eksperimen pikiran. Saya akan menempatkannya pada <1% kemungkinan itu terjadi di Ethereum  bahkan lebih sedikit lagi di Diem,” jelas Wang

Mitra Crypto Dovey Wan mengomentari kemungkinan ini. Wan percaya ada peluang 0% bagi Digital Yuan untuk diluncurkan di atas Ethereum. Ia kembali menambahkan, “ DCEP/digital rmb (Digital Renminbi) memiliki kerangka kerja teknis yang diterbitkan sejak lama, itu akan berjalan di cloud pribadi PBOC.

Sebelumnya, Wan menyajikan pratinjau dompet Digital Yuan dan antarmuka penggunanya. Ini memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima uang hanya dengan menggesek ke atas atau ke bawah, seperti yang terlihat di bawah ini. Wan berkata:

Ini adalah beta yang sekarang sedang diuji di Shenzhen, beberapa pembayaran kota dan aktivitas ekonomi publik akan diadopsi terlebih dahulu, kemudian adopsi pedagang.

Sekali lagi Cina memang membuktikan dirinya sebagai negara adidaya dan maju dalam pengembangan mata uang digital lebih dulu daripada negara lain.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency