Hack dan Scam · 8 min read

Chainalysis: 54% Token ERC-20 di DEX Terindikasi Pump and Dump

pump and dump di dex

Investigasi yang dilakukan oleh Chainalysis terhadap pasar kripto 2023 menemukan bahwa antara Januari sampai Desember 2023, lebih dari 370.000 token diluncurkan di Ethereum. 

Gambar: Jumlah token yang diluncurkan di Ethereum. Sumber: Chainalysis.

Dari jumlah tersebut, sekitar 168.600 token dapat diakses untuk diperdagangkan setidaknya di satu bursa terdesentralisasi (DEX). Namun, 54% token ERC-20 yang diperdagangkan di DEX terindikasi melakukan manipulasi pasar dengan skema pump and dump.

Skema pump and dump biasanya melibatkan inflasi artifisial pada nilai token melalui promosi yang agresif, diikuti dengan aksi jual cepat oleh para pembuat token, yang menyebabkan penurunan harga secara drastis. Hal ini tidak hanya mempengaruhi nilai token tetapi juga menyebabkan kerugian besar bagi investor yang tidak mendapat informasi.

Baca juga: Otoritas Inggris Sita 61.000 Bitcoin dari Penipuan Investasi di China

Indikator Token Lakukan Manipulasi Pasar

Chainalysis menyebutkan kriteria token-token yang terindikasi melakukan manipulasi pasar itu setidaknya diperdagangkan lima kali oleh pengguna DEX sebelum satu alamat menghapus setidaknya 70% likuiditasnya, meninggalkan token tersebut dengan kurang dari US$300 di kumpulan likuiditasnya.

Menariknya, token yang memenuhi kriteria manipulasi pasar dengan skema pump and dump menurut Chainalysis hanya menghasilkan keuntungan rata-rata sebesar US$2.672 atau 1,3% dari volume perdagangan DEX Ethereum pada 2023. 

Sebelumnya pada 2022, Chainalysis mengidentifikasi bahwa 24% token yang diperkenalkan pada tahun 2022 menunjukkan ciri-ciri yang menunjukkan aktivitas pump and dump.

Baca juga: Skandal Penipuan Kripto HyperFund, Tiga Orang Dituntut US$1,9 Miliar

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.