Siaran Pers · 8 min read

Sam Bankman Fried Desak Regulator Buat Kerangka Kerja Crypto Terpadu

Sam Bankman Fried Desak Regulator Buat Kerangka Kerja Crypto Terpadu

Sam Bankman Fried, pendiri dan CEO pertukaran crypto FTX, dilaporkan meminta regulator untuk membuat kerangka kerja tunggal crypto terpadu di Asian Financial Forum.

Ini adalah sebuah acara yang diselenggarakan oleh pemerintah Hong Kong untuk menyoroti peluang baru dalam lanskap ekonomi kawasan.

Pengusaha itu menunjukkan bahwa alih-alih berfokus pada penentuan apakah aset adalah sekuritas, regulator harusnya  fokus pada peraturan dan membuat buku aturan tentang kripto.

Bankman-Fried juga mencatat bahwa kerangka kerja yang berfokus pada pengungkapan dan pencegahan penipuan mungkin lebih penting daripada memberi label aset sebagai sekuritas.

Sementara CEO FTX tidak merinci badan pengatur yang dia desak, banyak regulator di seluruh dunia berfokus pada mengklasifikasikan token sebagai sekuritas. Namun, dia yakin hal itu tidak akan melindungi investor.

Selain itu, miliarder kripto juga menyoroti kerangka peraturan untuk kelas aset lainnya, mencatat bahwa hal yang sama harus dilakukan untuk aset digital.

Ini bukan pertama kalinya Bankman Fried terlibat dengan regulator. Sebelumnya di Desember 2021, Bankman Fried bersama dengan eksekutif lain dari perusahaan crypto terkemuka dipanggil untuk menghadiri sidang komite, di mana mereka mendesak regulator AS untuk memberikan kejelasan peraturan tentang aset digital.

Bankman Fried dalam kongres ini menyampaikan  proposal  “Prinsip-Prinsip Utama FTX untuk Regulasi Pasar” terdiri dari proposal 10 poin yang bertujuan untuk membantu regulator A.S. membangun kerangka peraturan yang berpusat pada kripto.

FTX, merilis daftar prinsip dan proposal untuk membantu pembuat kebijakan membangun kerangka peraturan.

Kebijakan tersebut merekomendasikan pilihan struktur pasar yang dibuat oleh beberapa bursa kripto terkemuka dan menyarankan penerapannya di semua yurisdiksi.

Dari 10 prinsip utama, salah satu rekomendasi menyerukan pendekatan regulasi alternatif yang mengusulkan rezim regulasi terpadu untuk pasar spot dan derivatif. 

Menurut blog tersebut, label regulasi pada produk atau pasar tertentu tidak perlu mengubah tujuan inti regulasi, dan aturan yang sama secara umum harus berlaku di semua pasar.

Banyak Ahli Harapkan Kemajuan di Aturan Crypto

Sementara itu, banyak ahli mengharapkan kemajuan besar dalam standar peraturan pada tahun 2022.

Dalam survei Cointelegraph, Hatu Sheikh, salah satu pendiri dan kepala strategi DAO Maker mengatakan bahwa regulator “menyadari bahwa industri ini semakin matang dan saat ini bahkan terlalu besar untuk memiliki selimut. larangan yang diberlakukan.” Sheikh juga menyebutkan bahwa peraturan diperlukan sedangkan pembatasan tidak.

Dalam survei yang sama, CEO Jaringan EasyFi Ankitt Gaur mengatakan bahwa keuangan terdesentralisasi (DeFi) mungkin menjadi fokus peraturan pada tahun 2021. “DeFi perlahan-lahan menuju arus utama, percakapan seputar peraturan muncul,” kata Gaur.

Dapatkan informasi terbaru dari FTX dengan bergabung di grup telegram FTX Indonesia dan ikuti Twitter FTX Indonesia.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.