CEO Binance Nyatakan Elon Musk Tidak Mempengaruhi Bitcoin

Naufal Muhammad

25th July, 2022

CEO Binance, Changpeng Zhao, menyatakan bahwa kabar terkait penjualan Bitcoin dari Tesla tidak akan mempengaruhi harga aset tersebut secara fundamental. 

Bersama pernyataan ini, ia menyatakan bahwa sebagian besar crypto yang ia miliki dari pertama kali belajar dan memahami crypto, belum pernah ia jual. 

CEO Binance Komentari Penjualan Bitcoin oleh Tesla

Dikabarkan bahwa Tesla baru saja menjual 75% dari seluruh Bitcoin yang dimilikinya akibat kebutuhan produksi perusahaan. 

Bersama kabar ini, banyak investor yang merasa khawatir akibat akan adanya pergerakan negatif yang signifikan. 

Namun, CEO dari Binance menyatakan bahwa ini tidak akan seburuk yang banyak orang kira. 

Changpeng Zhao atau yang biasa disebut akrab dengan nama CZ menyatakan bahwa penjualan Bitcoin dari Tesla tidak akan memberi pengaruh besar terhadap aset tersebut secara fundamental.  

CEO Tesla, Elon Musk, menyatakan bahwa penjualan Bitcoin ini adalah untuk mendanai pembukaan pabrik baru di Amerika dan Jerman, serta untuk mendukung dana perusahaannya di Cina yang terdampak signifikan oleh Covid-19. 

Jadi terlihat bahwa penjualan ini bukan cara untuk mendorong harga Bitcoin agar terus turun atau ketidakpercayaan Tesla terhadap Bitcoin, mendukung argumen CZ bahwa secara fundamental, Bitcoin tidak akan berubah. 

CZ juga menanggapi pernyataan Elon Musk terkait penjualan Bitcoin Tesla. Ia menyatakan tidak ada yang mengetahui secara pasti kenapa Elon Musk menjual Bitcoin Tesla. 

CZ juga berspekulasi bahwa penjualan ini memiliki hubungan dengan kebutuhan dana terkait pembelian Twitter oleh Elon Musk.  

Semua pernyataan ini ia sampaikan dalam wawancara dengan CNBC, dimana ia juga memberi informasi terkait kondisi Binance saat ini. 

Binance Masih Aman

Dalam wawancara tersebut, CZ juga memberi informasi terkait keamanan dana Binance hingga saat ini, di antara banyaknya perusahaan yang bangkrut. 

Ia menyatakan bahwa Binance memiliki kerja sama yang sangat minimal dengan perusahaan-perusahaan yang bermasalah seperti Celsius dan Voyager, sehingga keuangannya masih aman. 

Kerja sama yang dimaksud adalah sebatas jasa pengelolaan dana dan CZ menyatakan bahwa Binance tidak menjadi kreditur atau pemberi utang sama sekali kepada perusahaan-perusahaan tersebut. 

“Karena kita bodoh, kita suka yang mudah, kita adalah platform investasi, jadi kita tidak meminjamkan uang ke perusahaan lain.” Ujar CZ. 

Selanjutnya CZ juga menyatakan bahwa ia masih menyimpan mayoritas crypto yang ia miliki walau pasar sedang bergerak negatif. 

Baca juga: Apa Itu Binance? Panduan Untuk Pemula

Ia juga menyatakan bahwa saat ini ia pribadi tidak memiliki uang fiat dalam jumlah besar dalam tabungannya karena mayoritas adalah crypto. 

“Saya pribadi tidak memiliki Dollar. Semua yang saya miliki tersimpan dalam crypto. Jadi saat ingin mengeluarkan uang, saya akan menggunakan sebagian dengan crypto. Saya sepenuhnya percaya pada crypto dan tidak akan berpikir untuk menjual crypto. Crypto adalah uang. Ujar CZ

Pernyataan tersebut menandakan bahwa ia masih percaya pada potensi crypto dalam jangka panjang. Mengingat masa lalunya, hal ini adalah hal yang wajar karena ia adalah salah satu individu awal yang percaya pada crypto. 

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.