Berita Exchange · 7 min read

CBOE Resmi Tutup, Harga Bitcoin Dipastikan Tetap Stabil

Setelah hampir 18 bulan beroperasi, pasar berjangka Bitcoin CBOE (Chicago Board Options Exchange) akhirnya ditutup, dengan berakhirnya kontrak berjangka Bitcoin terakhir pada 16 Juni.

Kepada Bloomberg, juru bicara CBOE Suzanne Cosgrove mengungkapkan bahwa perusahaan tidak memiliki rencana untuk merilis produk baru untuk perdagangan cryptocurrency saat ini dan menegaskan kembali penutupan pasar Bitcoin berjangka yang diumumkan pada bulan Maret.

“[CBOE] menilai pendekatannya sehubungan dengan bagaimana rencananya untuk terus menawarkan derivatif aset digital untuk perdagangan, namun kami tidak memiliki hal baru untuk diumumkan saat ini,” kata Cosgrove.

Tapi, penutupan pasar berjangka Bitcoin CBOE tidak mungkin berdampak besar pada tren harga cryptocurrency dominan karena keberhasilan yang sukses dari saingan Crosstown CME Group.

CME memposting rekor tertinggi volume perdagangan Bitcoin

Pada 13 Mei, CME Group mencapai rekor volume tinggi 33.700 kontrak untuk Bitcoin, CME dapat memproses lebih dari satu miliar dolar dalam satu hari.

Seperti dilaporkan oleh analis pasar global Alex Krüger, Bitcoin telah menjadi aset yang paling banyak diperdagangkan kedua di CME berdasarkan volume/open interest awal bulan ini, menunjukkan bahwa permintaan untuk aset oleh investor terakreditasi dan lembaga tetap tinggi.

Baca juga: Volume Perdagangan Palsu Tak Pengaruhi Harga Bitcoin

Krüger dia mengatakan:

“Bitcoin adalah aset paling banyak diperdagangkan kedua di CME ketika diukur dengan rasio volume/open interest. Dengan kata lain, Bitcoin adalah aset yang sangat aktif diperdagangkan sepanjang hari. “

“Volume adalah jumlah kontrak yang diperdagangkan dalam satu hari, sementara open interest  adalah jumlah kontrak terhutang yang dipegang (belum diselesaikan) pada akhir hari. Sebuah poin rasio tinggi terhadap pelaku pasar secara aktif perdagangan intraday untuk alasan apapun (HFT, Arbitrage, dll).”

Berdasarkan penelitian bitwise Asset Management, ketika volume palsu di pasar pertukaran Bitcoin dihapus, pasar berjangka termasuk CME dan CBOE menyumbang porsi yang relatif besar dari volume BTC global.

Menyusul penurunan permintaan kontrak berjangka Bitcoin CBOE dan munculnya CME, sebagian besar volume berjangka di pasar AS bergeser ke CME.

Pada akhir Maret, ketika harga Bitcoin melambung di sekitar $4.000 dengan volume rendah, bitwise mengungkapkan bahwa pasar Bitcoin CME, yang diatur dan transparan, menyumbang 35 persen dari volume Real spot aset.

“Ketika menghapus volume palsu, CME dan CBOE volume berjangka signifikan ($ 91M), terutama dibandingkan dengan volume Real Spot (35% untuk 2019 Feb). Ini adalah berita bagus karena berarti CME -yang teregulasi, surveill pasar- adalah ukuran material, yang penting untuk ETF,” kata perusahaan investasi.

CME mengambil alih pasar AS dan memperlihatkan minat yang signifikan dari investor terakreditasi. Ketika CBOE mengumumkan penutupan pasar Bitcoin berjangka, Bitcoin diperdagangkan sekitar $8.000.000 dalam kontrak. Sebaliknya, CME menetap $90.000.000, lebih dari 11 kali lipat volume harian CBOE.

Keluarnya CBOE berjangka bukan paksaan dari pasar Crypto

Keputusan CBOE untuk keluar dari pasar Bitcoin mungkin kurang berkaitan dengan prospek tren pasar kripto daripada pertumbuhan yang kuat dari saingan CME dan lanskap blockchain yang berubah dengan cepat.

Oleh karena itu, dengan CME yang masih tetap ada dan platform kelembagaan baru seperti Fidelity dan Bakkt secara online muncul, pasar Bitcoin masih dalam posisi yang ideal untuk mempertahankan momentum sepanjang jangka menengah.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.