Volume Perdagangan Palsu Tak Pengaruhi Harga Bitcoin

By Aulia Medina     Saturday, June 1 2019

Manajer investasi crypto Amerika, Bitwise merilis sebuah makalah yang mengklaim bahwa volume perdagangan palsu oleh pertukaran crypto tidak mempengaruhi harga bitcoin (BTC). Dirilis pada 24 Mei, buku putih itu adalah versi panjang dari presentasi Bitwise Maret yang menyatakan bahwa 95% volume pada pertukaran yang tidak diregulasi adalah palsu

Diterbitkan di situs resmi Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC), buku putih tersebut baru didasarkan pada penelitian yang disajikan oleh Bitwise Asset Management kepada SEC pada 17 Maret 2019, sebagaimana ditentukan dalam dokumen.

95% Volume Perdagangan Palsu

Di buku putih, Bitwise mengulangi poin-poin utama dari presentasi yang dirilis pada bulan Maret, termasuk bukti bahwa hampir 95% volume perdagangan yang dilaporkan dalam bitcoin melalui pertukaran adalah palsu atau tidak bersifat ekonomis.

Namun, laporan baru ini juga membuktikan bahwa volume palsu itu tidak memengaruhi penemuan harga di pasar spot bitcoin nyata. Buku putih menunjukkan bahwa sistem arbitrase yang efektif menjaga harga akurat pada pertukaran spot bitcoin global nyata, menghilangkan perbedaan harga yang cukup “dalam hitungan detik.”

Baca juga: Messari: “Real 10 Volumes” Cegah Manipulasi Perdagangan Cryptocurrency

Sebagai bagian dari penelitian, buku putih baru ini juga menegaskan kembali fakta bahwa sejumlah besar kemajuan dan alat di pasar bitcoin, seperti peluncuran bitcoin futures yang diatur, masuknya pembuat pasar algoritmik yang besar dan peningkatan penahanan bitcoin, “secara dramatis meningkatkan efisiensi ”pasar BTC

Penelitian ini juga mengutip data dari situs analisis crypto populer CoinMarketCap, dengan alasan bahwa jumlah volume yang dilaporkan oleh situs web dan agregator data lainnya dalam industri “mengejutkan karena mereka salah.” volume palsu dan wash trading yang “secara dramatis mengubah pandangan publik tentang pasar bitcoin secara negatif.”

Outlet media crypto The Block menerbitkan penelitiannya sendiri yang menyatakan bahwa hingga 86% dari total volume perdagangan crypto yang dilaporkan “kemungkinan palsu,” berdasarkan korelasi dengan lalu lintas situs web bursa.

Mengikuti laporan volume palsu Bitwise pada bulan Maret, CoinMarketCap berjanji untuk mengatur ulang peringkat pertukaran anggota.

Pada 1 Mei, CoinMarketCap mengumumkan aliansi yang disebut Data Accountability & Transparency Alliance untuk memberikan “transparansi, akuntabilitas, dan pengungkapan yang lebih besar dari proyek-proyek di ruang crypto.” Pada saat itu, perusahaan memperingatkan bahwa itu akan menghapus pertukaran crypto dari perhitungannya jika mereka gagal memberikan data wajib pada bulan Juni. Cointelegraph baru-baru ini merilis tindak lanjut tentang masalah ini.

Sumber