Berita Exchange · 5 min read

Bursa Crypto BTC-e Dituntut Jaksa AS

Jaksa penuntut Amerika Serikat telah mengajukan keluhan terhadap bursa crypto yang sekarang tidak berfungsi BTC-e dan tersangka operatornya Alexander Vinnik, menurut sebuah dokumen yang diajukan di Distrik Utara California pada 25 Juli.

Dalam pengajuan tersebut, Jaringan Penegakan Kejahatan Keuangan (FinCEN) menentukan hukuman sipil untuk BTC-e dan Vinnik tahun lalu yang menghadapi denda masing-masing lebih dari $ 88 juta dan $ 12 juta.

Pengajuan menyatakan secara langsung bahwa BTC-e dan Vinnik tidak mendaftar pada FinCEN, menerapkan praktik Anti-Pencucian Uang, atau melaporkan aktivitas mencurigakan secara umum.

Dugaan pencucian uang dan masalah regulasi

Pengarsipan juga mencatat bahwa bursa crypto BTC-e dan Vinnik didakwa pada tahun 2016 dengan tuduhan menjalankan bisnis layanan uang tanpa izin dan konspirasi untuk melakukan pencucian uang. Pada 2017, dewan juri mengeluarkan dakwaan menggantikan dengan tuduhan tambahan pencucian uang dan terlibat dalam transaksi moneter yang melanggar hukum.

Sesuai dakwaan baru-baru ini, bursa crypto ini tidak memerlukan pemeriksaan identitas melalui cara apa pun untuk mendaftar dan menggunakan layanan, meskipun kadang-kadang diperlukan validasi identitas untuk transfer layanan tertentu.

Baca juga: https://coinvestasi.com/berita/penipuan-dan-penyalahgunaan-merajalela-di-exchange-bitmex/

Lebih penting lagi, BTC-e dilaporkan digunakan oleh penjahat untuk pencucian uang dan likuidasi dengan secara anonim mengubah hasil mereka dari crypto ke fiat money. Menurut laporan itu, BTC-e memfasilitasi peretasan, pembayaran ransomware, pencurian identitas, penggelapan dan distribusi narkotika.

Vinnik adalah warga negara Rusia yang saat ini dipenjara di Yunani. Vinnik dilaporkan memegang posisi kepemimpinan senior di BTC-e, ia dan bursanya didakwa lagi pada 2019 atas nama Departemen Keuangan AS.

Vinnik dilaporkan mengetahui tentang fasilitasi pencucian uang BTC-e, dan bahkan mengirim email di mana ia mengatakan bahwa ia adalah pemilik BTC-e dan menggunakan pertukaran untuk transaksi yang didukung secara ilegal sendiri. Vinnik juga diduga memiliki akun yang terkait dengan kegiatan kriminal lainnya, termasuk yang terkait dengan pencurian dari pertukaran yang tidak aktif juga, Mt, Gox.

Permohonan ekstradisi

Seperti yang dilaporkan sebelumnya oleh Cointelegraph, Vinnik meminta ekstradisi ke Rusia dari penahanannya di Yunani Maret ini. Komisaris Rusia untuk Hak Asasi Manusia, Tatyana Moskalkova telah mendukung permintaan sebelumnya, ia meminta Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, Michelle Bachelet dan Menteri Kehakiman Yunani Michalis Kalogirou untuk mendukung ekstradisi.

Pada saat itu, komisioner Moskalkova berpendapat bahwa Vinnik harus diekstradisi bersama keluarganya karena istrinya sakit parah. Moskalkova berkata:

“Mengingat situasi kemanusiaan yang luar biasa, saya akan meminta bantuan untuk mengekstradisi dia ke Rusia sehingga dia bisa lebih dekat dengan keluarganya.”

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.