Siaran Pers · 7 min read

Bulan Literasi Kripto 2024 Resmi Berakhir, Sukses Edukasi 10 Ribu Orang Soal Kripto

Bulan literasi kripto 2024

Asosiasi Blockchain dan Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo – ABI) dengan dukungan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) telah sukses melaksanakan Bulan Literasi Kripto (BLK) 2024 yang berlangsung sejak 2 Mei – 30 Mei 2024. 

Mengusung tema  “Exploring Crypto for Tomorrow’s Landscape” BLK 2024 berupaya untuk membangun pemahaman yang kuat dan memastikan investasi yang aman serta nyaman untuk inklusi finansial, serta mendorong pemberdayaan teknologi di Indonesia.

“Satu bulan penuh rangkaian kegiatan Bulan Literasi Kripto (BLK) 2024 telah terlaksana. Lebih dari 10 ribu peserta telah berpartisipasi dalam acara ini di berbagai kota, yang kami harapkan semakin membuka wawasan bagi masyarakat yang antusias terhadap investasi aset kripto di Indonesia,” kata Malikulkusno Utomo (Dimas), Sekretaris Jenderal Aspakrindo – ABI. 

Baca juga: Bappebti Bentuk Komite Aset Kripto Indonesia

Rangkaian Acara Bulan Literasi Kripto 2024

Selama Mei, BLK telah melakukan serangkaian acara termasuk pembukaan, roadshow, dan upacara penutupan. 

BLK dibuka dengan serangkaian keynote speech bersama para ahli dan regulator industri kripto di Indonesia. Acara ini dihadiri oleh mitra pemerintah seperti Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (Kemenko Perekonomian), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Badan Reserse Kriminal Kepolisian Republik Indonesia (Bareskrim Polri), serta organisasi independen seperti Bursa Kripto Nusantara (CFX), Kliring Komoditi Indonesia (KKI), Indonesia Coin Custodian (ICC), Tennet Depository, dan berbagai media kripto nasional, serta 65 anggota dari asosiasi.

“Bulan Literasi Kripto yang diadakan selama satu bulan penuh diharapkan akan dapat mengembangkan industri kripto di Indonesia. Besar harapan kami bahwa BLK ini akan semakin menguatkan kolaborasi kami sebagai regulator dan akan terus menjangkau masyarakat yang lebih luas serta mendorong peningkatan dari transaksi aset kripto di Indonesia. Semoga acara ini juga memberi kemajuan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” kata Plt Kepala Bappebti, Kasan, dalam kegiatan Opening Ceremony BLK 2024 di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta, Kamis (2/5/2024).

Roadshow pun telah dilangsungkan pada 6 Mei hingga 29 Mei di sembilan kota, yakni Jakarta, Bandung, Tasikmalaya, Jogjakarta, Surabaya, Malang, Medan, Bali, dan Balikpapan. Setiap roadshow berhasil mendapatkan antusiasme dari para peserta dan komunitas kripto lokal, dengan jumlah registrasi mencapai 300 peserta per kota.

Tokoh penting bagi industri kripto Indonesia seperti Sekretaris Bappebti Olvy Andrianita, S.E., dan edukator kripto seperti Angga Andinata turut berpartisipasi sebagai panelis, mengajak peserta untuk berdiskusi secara mendalam mengenai topik-topik terkait kripto, masa depan keuangan berbasis blockchain hingga investasi kripto anti-FOMO.

Setelah melalui roadshow, BLK menggelar Closing Ceremony yang sekaligus menjadi puncak acara BLK 2024. Acara penutupan digelar terbuka untuk umum pada 30 Mei 2024 di Sky Menara Imperium Lantai 8. 

Pada acara penutupan diadakan sesi bincang-bincang dengan tema “Empowering New Generation Through Crypto Investment” yang menghadirkan public figure yaitu Brandon Salim, Andy Senjaya (full time trader dan content creator), C-Level industri (Indodax dan Triv). 

Acara ini juga dihadiri oleh lembaga pemerintahan, seperti Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Selain itu, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) turut mendukung, di mana Asosiasi merupakan Anggota Luar Biasa (ALB) dari KADIN. Ditambah kehadiran Self-Regulatory Organization (SRO) aset kripto, yaitu Bursa CFX, KKI, ICC, serta asosiasi mitra yaitu Asosiasi FinTech Indonesia (AFTECH).

Baca juga: Indonesia Peringkat Kelima Crypto Degen Dunia

Literasi Kripto Masih akan Berlanjut

Dalam acara penutupan ini, Sekretaris Bappebti, Olvy Andrianita, mengatakan,”BLK 2024 yang dilaksanakan pada bulan ini dapat efektif memberikan edukasi untuk masyarakat terkait perdagangan aset kripto. Walaupun BLK ditutup hari ini, Literasi Aset Kripto belum usai dan harus terus digalakkan.” 

Olvy juga mengingatkan pada dasarnya perdagangan aset kripto bersifat high risk high return sehingga masyarakat  juga harus memahami mekanisme perdagangannya, pilih pedagang yang terdaftar di Bappebti, menggunakan dana lebih, bertransaksi untuk koin yang ditetapkan Bappebti, melakukan riset dahulu serta paham dokumen perjanjiannya dan risiko yang timbul, serta jangan percaya pada janji keuntungan yang tetap/tinggi. 

BLK 2024 didukung oleh berbagai perusahaan kripto terkemuka di Indonesia dan dunia, seperti DCT Token, INDODAX, Tokocrypto, Liminal, Tether, serta organisasi seperti CFX, AFTECH, dan KADIN.

Acara penutupan BLK dapat kembali disaksikan di kanal Youtube Aspakrindo – ABI

Baca juga: Indonesia Berhasil Kantongi Pajak Kripto Rp112 Miliar Sejak Awal 2024

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.