Bukan Hanya Sepakbola, Ternyata Neymar Jr Cs Juga Merambah Dunia Blockchain

febrian surya

1st October, 2020

Tentu tidak asyik rasanya bila hanya menonton dan melihat aksi sang idola lewat layar kaca televisi maupun secara langsung datang ke stadion. Hal ini pasti dirasakan oleh ratusan ribu penggemar bola di luar sana. Melainkan, mereka ingin merasakan pengalaman yang baru dalam berinteraksi dengan pemain idolanya.

Blockchain membawa revolusi dalam ranah sepakbola, yang membuat mereka yang jauh menjadi lebih dekat dengan para idolanya. Siapa sih yang nggak kenal dengan pemain sepakbola asal Brazil, Neymar? Aksi-aksinya saat mengelola si kulit bundar sangat menakjubkan, selain itu pemain ini juga terkenal suka melakukan diving. Kontroversial-kontroversial yang melekat kepada dirinya merupakan daya tarik tersendiri bagi penggemar sepakbola di luar sana.

Baru-baru ini Neymar Jr Cs yang bermain di PSG, kini terdaftar sebagai klub ke-100 yang bergabung ke fantasy soccer game berbasis blockchain, Sorare. Di mana, setiap pemain PSG termasuk Neymar Jr akan dirilis sebagai digital card.  Di mana, tokenisasi dan digital card seperti Neymar Jr dan Kylian Mbappe dapat dibeli, ditukarkan, dan digunakan untuk membentuk skuat terbaik dari masing-masing pengguna untuk bersaing dengan pengguna-pengguna lainnya.

Selain itu, David Beckham yang merupakan mantan pemain PSG pada 2013 silam dan memutuskan gantung sepatu di klub tersebut. Platform fantasy soccer game berbasis blockchain, Sorare, memberikan token kepada David Beckham dan beberapa manta pemain PSG lainnya ketika ingin membeli pemain-pemain tersebut dengan edisi terbatas atau sulit didapatkan melalui blockchain.

Dalam dunia nyata, kepopuleran klub Neymar Jr Cs menduduki peringkat 6 di dunia berdasarkan jumlah pengikut di seluruh platftorm sosial media. Klub PSG adalah klub kaya raya di dunia dengan segudang prestasi di kompetisi domestik, dan berhasil mencapai final Liga Champions 2019/2020 kemarin, namun sayangnya harus dikalahkan oleh tim kuat asal Jerman, Bayern Munich.

“Tentunya bangga memiliki PSG sebagai klub ke-100 yang terdaftar di Sorare, hal ini tentunya dapat membantu  banyak orang baru terhubung ke game blockchain dan ruang Ethereum,” kata CEO Sorare, Nicolas Julia.

Sorare kini juga telah merilis game-nya di Amerika sebagai langkah untuk memperluas bisnisnya. Amerika menjadi pasar nomor dua terbesar bagi Sorare. Lantaran, lebih dari 60 juta pemain fantasy dengan permintaan yang baik untuk mengumpulkan kartu dan melakukan perdagangan, walaupun terkendala keaslian namun berkat adanya blockchain, digital card Sorare mudah diautentikasi dengan jumlah kartu terbatas.

Berdasarkan rilisnya, Sorare kini sudah memiliki 40.000 pengguna di seluruh dunia. Dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 52% setiap bulannya sejak pertama kali game blockchain ini dirilis. Bahkan, pundi-pundi penghasilan Sorare juga meningkat dari $30.000 pada Desember 2019 menjadi $80.000 pada Agustus 2020. Dan, berhasil mendapatkan pendanaan tahap awal sebesar $4 juta.

Sumber