Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Industri · 7 min read

BRICS akan Rilis Sistem Pembayaran Berbasis Blockchain untuk Saingi Dolar AS

BRICS

Blok BRICS yang terdiri dari Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan sedang meletakkan dasar bagi sistem pembayaran berbasis blockchain. Pengumuman ini muncul pada saat negara-negara BRICS secara aktif berupaya mengurangi ketergantungan mereka pada dolar AS.

Menurut ajudan Kremlin Yury Ushakov dalam sebuah wawancara dengan TASS (5/3/2024), penciptaan sistem pembayaran BRICS independen yang memanfaatkan teknologi digital dan blockchain adalah tujuan yang sangat penting.

Ushakov menegaskan bahwa sistem pembayaran independen BRICS adalah “tujuan penting untuk masa depan” karena didasarkan pada “alat canggih seperti teknologi digital dan blockchain.” 

“Hal utama adalah memastikan hal ini nyaman bagi pemerintah, masyarakat umum, dan dunia usaha, serta hemat biaya dan bebas politik,” jelas Ushakov.

Baca juga: 5 Aset Kripto Performa Terbaik di Februari 2024

BRICS Ingin Perbaiki Sistem Moneter

Pekan lalu, sebuah laporan mengungkapkan aliansi Kementerian Keuangan Rusia dengan kelompok BRICS untuk memperbaiki sistem moneter dan keuangan internasional.

Kolaborasi ini juga bertujuan untuk menciptakan platform pembayaran multisisi BRICS Bridge untuk “mendekatkan pasar keuangan negara-negara anggota BRICS dan meningkatkan perputaran perdagangan timbal balik.”

Pekan lalu, laporan TASS lainnya mengatakan Kementerian Keuangan Rusia, Bank Rusia dan mitra BRICS akan menciptakan platform pembayaran multisisi BRICS Bridge dalam upaya meningkatkan sistem moneter global.

Baca juga: Mengenal BRICS dan Pengaruhnya Terhadap Bitcoin

Sesuai laporan, negara-negara BRICS telah mencari opsi untuk menggantikan USD dalam perdagangan internasional. Selain itu, Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan bahwa negara-negara tersebut tidak menggunakan dolar tetapi mata uang lokalnya untuk bertransaksi.

Inisiatif rubel digital Rusia merupakan contoh komitmen blok tersebut terhadap inovasi dan kemandirian keuangan. Dirancang untuk memfasilitasi penyelesaian lintas batas, rubel digital dapat meningkatkan posisi keuangan global Rusia sekaligus menawarkan cetak biru bagi negara-negara lain yang berupaya memitigasi dampak sanksi Barat.

Baca juga: Wakil Menteri Rusia Sebut 20 Negara Daftar Aliansi BRICS

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.