Berita Altcoins · 8 min read

Brave Serang Google, Ungkit Permasalahan Privasi

Brave (BAT), crypto yang memberikan jasa platform situs pencarian atau browser dikabarkan kembali menyerang Google terhadap permasalahan privasi.

Situs pencarian Google selalu merekam jejak penggunanya yang membuatnya memiliki data pengguna untuk keuntungan pribadi.

Hal tersebut dianggap sebagai permasalahan privasi oleh banyak pihak, dan Brave ingin menjadi solusi untuk permasalahan tersebut.

Brave Serang Masalah Privasi Google

Walau ingin menjadi solusi terhadap permasalahan privasi ini, Brave masih menghadapi permasalahan yaitu dalam sisi akuisisi pangsa pasar.

Saat ini 90% dunia digital masih menggunakan Google sebagai alat pencarian utamanya, dan hal tersebut membuat Brave kesulitan untuk masuk ke pasar secara besar.

Walau begitu, Brave tetap yakin banyak pihak yang akan masuk ke platformnya karena terganggu oleh permasalahan ini.

Dalam pengumuman pada 22 Juni 2021, Brave menyatakan bahwa platform pencarian versi barunya yang lebih menjunjung tinggi privasi telah diluncurkan.

Situs tersebut masih dalam tahap Beta atau masih dalam tahap versi uji coba terakhir sebelum masuk ke versi terbaiknya.

Pengguna yang ingin mencoba menggunakan situs pencarian tersebut dapat membuka situs search.brave.com untuk mencari apa pun di internet tanpa diketahui pihak ketiga.

Situs pencarian ini juga akan memiliki pilihan “Google fallback mixing” dimana pengguna dapat menemukan hasil pencarian yang juga terdapat jika mereka menggunakan Google.

Saat ini Brave mengabarkan bahwa situsnya belum akan menerima publikasi untuk iklan, namun ke depannya akan ada versi baru yang akan mengintegrasikan Token utamanya yaitu BAT.

Nantinya BAT akan digunakan untuk biaya pembayaran dan imbalan untuk pihak yang mau melihat atau menampilkan iklan, hampir mirip dengan versinya saat ini namun diperbarui.

Desentralisasi Terus Meningkat

Kemajuan ini dapat menjadi tanda mayoritas masyarakat mulai membutuhkan adanya platform yang lebih transparan dan lebih menjunjung privasi.

Brave juga menjadi salah satu contoh nyata bagaimana dunia crypto yang menjunjung tinggi desentralisasi mulai terus meningkat.

Salah satu pihak eksekutif Brave, Brendan Eich, yang sebelumnya memimpin Mozilla dan Firefox, menyatakan bahwa platformnya akan menjadi satu hal yang besar di dunia situs pencarian.

Saat ini fokus utamanya adalah untuk membuat semakin banyak orang menggunakan Brave sebagai platform situs pencariannya.

Lama-kelamaan, ia menyatakan bahwa Brave akan terus maju untuk berkompetisi bahkan mengalahkan Google akibat masalah privasi yang sebelumnya dibahas.

Saat ini pengguna Brave berada di angka 32 Juta pengguna per bulan. Sayangnya angka ini masih jauh lebih kecil dari Google.

Menurut data dari Statcounter, Google saat ini masih menguasai pasar dengan dominasinya di angka 92,2% dari keseluruhan pangsa pasar.

Saat ini juga terdapat beberapa platform situs pencarian yang menjaga privasi pengguna seperti salah satu yang memimpin yaitu Duck-Duck-Go.

Platform tersebut memiliki hampir 100 Juta pengguna per bulan namun juga masih kalah terhadap Google yang terus mendominasi.

Namun, semakin banyak pihak yang sadar akan masalah privasi ini, kemungkinan besar semua dominasi Google akan dapat berubah.

Tapi perubahan ini nampaknya butuh waktu yang cukup panjang terutama melihat adopsi crypto yang masih di tahap awal.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.