Berita Industri · 5 min read

Blur Airdrop 3,2 Juta Token, Harga Token Ambles 88%

Blur Airdrop

Mengejar performa marketplace NFT LooksRare dan Opensea, Blur mencoba membangun audiens dengan menawarkan hadiah token potensial kepada para pedagang.

Blur telah membagikan airdrop (care packages) kepada pengguna Selasa (14/2) pukul 12PM EST. Menurut data blockchain Dune, lebih dari 3,2 juta token Blur senilai dengan US$1,93 juta berhasil didapatkan oleh pengguna teratas.

Baca juga: Top 10 Peluang Airdrop Kripto 2023

Tidak diketahui siapa yang memegang wallet Ethereum yang mengklaim simpanan token yang sangat besar itu, tetapi ini adalah dompet yang relatif baru dibuat kurang dari tiga bulan lalu.

Wallet ini juga sangat aktif di ruang NFT, memperdagangkan Mutant Ape Yacht Club dalam jumlah besar dan NFT Otherside dalam beberapa hari terakhir.

Blur menawarkan 360 juta token melalui airdrop. Dengan pasokan yang beredar, kapitalisasi pasar saat ini (15/2) sekitar US$217 juta.

Jumlah token airdrop hanya bagian kecil dari total pasokan BLUR, yang dipekirakan sebanyak 3 miliar. Hampir 72% atau 260 juta token airdrop telah diklaim sejauh ini.

Blur awalnya berencana untuk membagikan airdrop token tata kelolanya pada Januari 2023. Namun, airdrop ditunda dan baru dilaksanakan 14 Februari 2023.

Sejauh ini, Blur sudah membagikan airdrop sebanyak 3 kali.

  • Airdrop 1 adalah untuk semua orang yang berdagang dalam 6 bulan sebelum peluncuran pasar Blur.
  • Airdrop 2 diperuntukkan bagi para pedagang yang secara aktif terdaftar di Blur hingga November.
  • Airdrop 3 diperuntukkan bagi trader yang mengajukan penawaran di Blur dan akan menjadi airdrop Blur terbesar (sekitar 1-2x ukuran Airdrop 2).

Dugaan Wash Trading pada Airdrop Blur

Airdrop token Blur ini diwarnai oleh kecurigaan wash trading di wallet penerima airdrop. Tercatat adanya aktivitas perdagangan dari wallet yang sama secara berulang kali menunjukkan indikasi wash trading atau upaya mempermainkan model perdagangan Blur.

Baca Juga: Waspada Wash Trading di NFT!

Dompet tertinggi kedua (2,97 juta BLUR, atau $1,8 juta) dan dompet tertinggi ketiga (2,5 juta BLUR, atau $1,5 juta) menunjukkan banyak interaksi dengan dompet teratas pertama, termasuk penjualan batch bolak-balik.

Penggugat teratas lainnya dalam airdrop Blur termasuk kolektor terkenal dan tokoh media sosial dengan nama samaran Machi Big Brother, Keungz, dan pedagang Bored Ape Yacht Club utama Franklin.

Kasus ini sempat terjadi dengan LooksRare pada awal 2022, pengguna memperdagangkan NFT dengan wallet milik mereka sendiri secara berulang untuk memanipulasi perolehan hadiah.

Data analitik Dune menunjukkan bahwa sekitar 13% perdagangan Blur diklasifikasikan sebagai dugaan wash trading, dibandingkan dengan sekitar OpenSea yang hanya sekitar 2%.

Token Blur Menguat, Tapi Tak Bertahan Lama

Pasar sedang mengamati lonjakan Blur dalam beberapa bulan terakhir, setelah pengguna berhenti berdagang karena insentif airdrop.

Blur melonjak dihargai US$5,02 per token ketika pertama kali memasuki pasar (14/2), tetapi tak lama kemudian turun tajam (15/2) sebesar 88% setelah menyentuh harga puncak. Harga Blur saat ini terpantau berada di level US$0,7.

Pertukaran Coinbase dan Huobi telah mengumumkan rencananya untuk mendukung token BLUR setelah mulai berdagang.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.