Berita Blockchain · 8 min read

Blockstream Punya Institusi Jasa Pertambangan Bitcoin Baru

Kemarin, kamis 08 Agustus, Blockstream mengenalkan secara detil institusi barunya yaitu pertambangan bitcoin. Blockstream Mining menyediakan layanan co-lokasi perlengkapan pertambangan yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dari institusi dan perusahaan. Pada laman blognya Blockstream mengungkapkan bahwa dua pusat data besar untuk pelayanan co-lokasi kelas perusahaan menggunakan protokol BetterHash , dan Blockstream pun menggunakan itu. Tujuannya adalah untuk mempertahankan desentralisasi jaringan Bitcoin.

Waktunya Berubah!

Blockstream mengetahui bahwa terdapat penghalang besar bagi penambang untuk masuk ke industri tersebut. Penambang prospektif telah menghadapi itu dengan melakukan dua pilihan. Pilihan pertama, yaitu dengan membangun fasilitas tambang yang kompleks dan mahal, meliputi infrastruktur ter-spesialisasi dan sistem pendingin. Kedua, menggunakan penyedia hosting professional untuk menghadapi kendala yang akan terjadi, seperti tim tidak berpengalaman, Batasan kendali penambang, dan harga yang tidak dapat diprediksi.

Namun Blockstream Mining dapat menangani masalah tersebut dengan menyediakan co-layanan co-lokasi kelas pebisnis. Layanan tersebut akan memungkinkan pengguna untuk mengawasi dan mengontrol perlengkapan tambangnnya dengan tranparansi lengkap.

Pusat data BlockStream

Pusat data, yang berlokasi di Quebec dan Georgia, dapat menyumbang 300 megawatt kapasitas energi gabungan. Pada kapasitas penuh, diisi dengan rig pertambangan terbaru, ini bisa mencapai sekitar 7,5% dari seluruh hashrate jaringan. Fasilitas ini menyediakan solusi untuk peralatan pertambangan pada pengguna model co-lokasi yang mencakup pengiriman ke pusat data, instalasi, dan pemeliharaan. Rig pertambangan dikelola dari jarak jauh oleh pelanggan, memberikan analitik waktu nyata dan kontrol atas operasi masing-masing perangkat.

Baca Juga: Rumah Sakit Korea Selatan akan Luncurkan Platform Manajemen Data Medis Blockchain

Layanan tersebut saat ini diarahkan untuk perusahaan dan institusi, dan Fidelity Center for Applied Technology terungkap sebagai pelanggan awal. Fidelity membuat langkah serius ke ruang crypto, dan dilaporkan telah mengajukan untuk New York Trust Licence bulan lalu.

Pengguna pertama protokol BetterHash

Bagian lain dari layanan pertambangan Blockstream adalah penggunan BetterHash protokol pada kolam tambang. BetterHash memperbolehkan penambang individu  untuk mengontrol transaksi yang tertera pada blok tambang terbarunya. Fitur tersebut mampu menyelesaikan permasalahan isu inti dengan banyaknya kolam tambang, dimana operator kolam menentukan transaksi yang akan dimasukan. Dengan demikian, desentralisasi akan meningkat, dan potensi serangan pada jaringan akan sulit terjadi.

Berbicara di luar pertambangan, Blockstream memberikan langkah barunya yaitu sibuk mengembangkan proyek Sidechain Liquid. Proyek tersebut diyakini mampu menghadirkan manfaat kecepatan dan biaya bagi jaringan Bitcoin. Jadi tunggu saja kabar terbaru dari Blockstream terkait pengembangan proyek ini.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.