Rumah Sakit Korea Selatan akan Luncurkan Platform Manajemen Data Medis Blockchain

By Aulia Medina     Wednesday, April 24 2019

Pasar data medis berdaya Blockchain Longenesis dan perusahaan bioteknologi  Insilico Medicine telah melakukan persetujuan dengan rumah sakit Korea Selatan Gil Medical Center untuk menciptakan solusi manajemen data kesehatan dengan basis blockchain. Pengembangan ini diumumkan dalam press release 23 April lalu.

Sebagai bagian dari kolaborasi, pihak-pihak berniat mengembangkan platform berdaya blockchain berbasis kerangka kerja blockchain Exonum Bitfury untuk meningkatkan efisiensi pengumpulan data, mendorong proses penelitian medis dan memastikan pengelolaan persetujuan pasien secara transparan.

Longenesis dikabarkan akan menyediakan ekosistem keamanan untuk Gil Medical Center untuk mengunggah, menyimpan, dan mengelola data pribadi pasien, memungkinkan pasien untuk mengontrol dan mengakses data mereka juga. Platform ini juga bertujuan untuk memenuhi kepatuhan terhadap Health Insurance Portability and Accountability Act  (HIPAA) dan General Data Protection Regulation (GDPR) karena rumah sakit juga menyediakan layanan kepada orang asing.

Baca juga: Flexa Raih $14.1 Juta Untuk Jaringan Pembayaran Berbasis Blockchain

Pada bulan April, Bitfury dan Longenesis bersama-sama meluncurkan produksi sistem manajemen persetujuan berbasis blockchain untuk industri kesehatan yang membahas kepatuhan dengan GDPR dan HIPAA.

Pada pertengahan Maret, rumah sakit lain di Seoul, Korea Selatan, Medical Center mengumumkan rencana untuk meluncurkan platform berbasis blockchain yang bertujuan untuk meningkatkan layanan medisnya. Proyek medisnya “Smart Hospital” bertujuan untuk meningkatkan akurasi data dan mengurangi waktu pemrosesan untuk rumah sakit tersebut.

Seperti yang dilaporkan pada bulan Februari, dalam rangka mempromosikan proyek-proyek blockchain di negara itu, Pemerintah Metropolitan Seoul mengungkapkan pembentukan “Dana Pertumbuhan Inovasi Seoul,” dengan tujuan untuk berinvestasi lebih dari $ 1 miliar pada blockchain dan startup fintech pada tahun 2022.

Sumber