Blockstream Merilis Peningkatan Implementasi Lightning Network

By Aulia Medina     Wednesday, March 6 2019

Sebuah postingan di blog perusahaan pada 1 Maret lalu mengungkapkan bahwa perusahaan pengembang blockchain, Blockstream telah merilis versi baru dari perangkat lunak skalabilitas Bitcoin (BTC), c-lightning.

C-lightning adalah penerapan dari solusi skalabilitas Bitcoin off-chain, Lightning Network (LN) yang ditulis di bahasa pemrograman C. Pengumuman tersebut menyebutkan versi terbaru ini, c-lightning 0.7 adalah perilisan besar pertama dalam 8 bulan dan membawa peningkatan kinerja, perbaikan bug, privasi tambahan dan fitur baru, serta dokumentasi yang ditingkatkan.

Fitur baru utamanya adalah dukungan plugin yang memungkinkan para developer untuk memperluas kapabilitas dari perangkat lunak dengan plugin tertulis di setiap bahasa pemrograman. Para developer berharap bahwa ini akan berkontribusi pada fleksibilitas, ekstensibilitas, dan penyesuaian dari implementasi LN ini.

Baca juga: Peluang Blockchain Bukan Pada Bitcoin?

Minggu lalu, co-founder sekaligus CEO Blockstream, Adam Back berpartisipas dalam relay LN berbasis Lightning Torch Bitcoin. Dia lalu melanjutkan Torch ke mantan COO PayPal dan pendukung Blockstream awal, Reid Hoffman.

Seperti yang dilaporkan oleh Cointelegraph pada bulan Januari, perusahaan teknologi blockchain, Bitfury Group telah merilis seri dari alat baru untuk pedagang dan pengembang dalam upaya untuk mendorong pengadopsian LN yang lebih luas.

Data yang disediakan oleh website statistik BTC mengungkapkan bahwa kapasitas dari Bitcoin Lightning Network telah melewati $2 juta pada bulan Desember tahun lalu.

Juga, pada bulan Desember, sebuah lab R&D di startup crypto, TenX menguji penggunaan protokol interoperabilitas lintas-blockchainnya untuk menukar token protokol ERC20 Ethereum untuk Bitcoin dengan Bitcoin menggunakan Lightning Network.

Sumber