Berita Blockchain · 5 min read

Blockchain TON Cetak Satu Miliar Transaksi, Dipicu Meme Coin DOGS

Harga TON naik

Blockchain The Open Network (TON) telah mencetak rekor baru dengan mencatat lebih dari satu miliar transaksi.

Pencapaian ini didorong oleh tingginya minat terhadap peluncuran meme coin DOGS, yang mendapatkan perhatian luas dari komunitas kripto.

Berdasarkan data dari tonscan.org, jaringan yang terkait erat dengan platform Telegram ini telah mencatat volume transaksi mencapai 1,04 miliar hingga 3 September 2024. Menariknya, sekitar setengah dari transaksi ini terjadi dalam tiga bulan terakhir, seiring dengan meningkatnya popularitas mini-app kripto di Telegram.

Lebih lanjut, data dari CryptoQuant menunjukkan bahwa lonjakan transaksi ini mulai terlihat sejak 26 Agustus 2024, bertepatan dengan peluncuran DOGS.

Peningkatan aktivitas ini sangat signifikan, dengan TON memproses hingga 20 juta transaksi antara 27 dan 29 Agustus.

Selama periode tersebut, DOGS menyumbang lebih dari 30% dari total transaksi di jaringan TON, dan juga menyebabkan biaya transaksi rata-rata melonjak ke level tertinggi dalam enam bulan terakhir.

Puncaknya pada 29 Agustus, TON memproses rata-rata 100 transaksi per blok dalam hitungan detik, dengan DOGS berkontribusi sekitar 35% dari seluruh transaksi di beberapa blok.

Grafik perbandingan transfer DOGS dan total transaksi yang terhitung di jaringan TON. Sumber: CryptoQuant

Baca juga: CEO Telegram Ditangkap, Harga TON Anjlok!

Peluncuran DOGS Picu Pemadaman Jaringan TON

Sebelumnya, peluncuran DOGS juga menyebabkan serangkaian gangguan pada jaringan TON. Pemadaman ini mengakibatkan jaringan berhenti memproses transaksi hingga enam jam pada 28 Agustus lalu, akibat permintaan produksi blok yang tinggi pada saat itu.

Jaringan TON sendiri telah menunjukkan perkembangan signifikan dalam beberapa bulan terakhir, terutama melalui kemitraan strategisnya dengan Telegram.

Integrasi ini telah memungkinkan TON untuk menjangkau sekitar 280.000 pengguna aktif harian dan memproses rata-rata 800.000 transaksi harian. Hal ini yang juga menjadikan TON sebagai salah satu jaringan blockchain yang paling banyak diadopsi untuk saat ini.

Baca juga: Jaringan TON Alami Gangguan Pasca Peluncuran Meme Coin DOGS

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.