BlackRock Luncurkan ETF 35 Perusahaan Berbasis Kripto!

Nabiila Putri Caesari

30th September, 2022

BlackRock, manajer aset terbesar di dunia terus meningkatkan kehadirannya di ruang aset digital dengan meluncurkan Exchange Traded Funds (ETF).

ETF ini diluncurkan pada 27 September dengan sebutan iShares Blockchain Technology UCITS ETF (BLKC).

BLKC memungkinkan investor Eropa untuk mendapatkan eksposur ke berbagai perusahaan yang terlibat dalam pengembenagan, inovasi, dan pemanfaatan teknologi blockchain dan kripto. 

“Kami percaya aset digital dan teknologi blockchain akan menjadi semakin relevan bagi klien kami karena kasus penggunaan berkembang dalam ruang lingkup, skala, dan kompleksitas. Proliferasi berkelanjutan dari teknologi blockchain menggarisbawahi potensinya di banyak industri,” kata Omar Moufti, ahli strategi produk untuk ETF tematik dan sektor di BlackRock dilansir Finbold, Jumat (30/09/22).

BlackRock Semakin Terikat dengan Kripto

Teknologi Blockchain iShares UCITS ETF [BLKC] dirancang untuk mencerminkan NYSE FactSet Global Blockchain Technologies Capped Index. 

BLKC sendiri terdiri dari 35 perusahaan global dari pasar maju dan berkembang dengan 75% eksposur ke perusahaan yang bisnis utamanya terkait dengan blockchain, seperti penambang dan pertukaran kripto. Sedangkan  25% eksposur ke perusahaan yang mendukung ekosistem blockchain, seperti pembayaran dan semikonduktor perusahaan.

Selain itu, dana mencakup 35 perusahaan global dari total 50 kepemilikan, yang juga mencakup uang tunai dan turunannya, tetapi tidak secara langsung berinvestasi dalam mata uang kripto. Langkah BLKC ini dinilai secara tidak sengaja langsung berinvestasi dalam kripto.

Lima kepemilikan teratas dalam dana tersebut adalah Coinbase (13,20%), uang tunai USD (13,00%), perusahaan fintech Block (11,40%), perusahaan penambangan kripto Marathon Digital Holdings (11,13%) dan Riot Blockchain (10,50%).\

Kepemilikan lainnya termasuk 23 perusahaan IT, enam perusahaan keuangan, satu perusahaan industri dan satu perusahaan komunikasi, dengan total 50 kepemilikan per 28 September.

Efisiensi Blockchain

Kapitalisasi pasar sebesar $ 1 triliun untuk cryptocurrency dan aset digital didukung oleh blockchain, dan teknologi large distributed ledger terus menawarkan berbagai peluang untuk meningkatkan efisiensi operasional di pasar keuangan.

Pada 4 Agustus. BlackRock juga bermitra dengan Coinbase untuk menawarkan kripto bagi investor institusional yang sudah memiliki aset di Coinbase melalui platform perdagangan Aladdin. 

Kemitraan ini memberi investor institusi kemampuan untuk mengakses kripto melalui layanan Coinbase Prime-nya.

BlackRock juga memberikan kepercayaan terhadap Bitcoin yang tersedia untuk klien institusional AS. Kolaborasi ini dinilai sebagai langkah BlackRock dalam mempelopori aset kripto. 

Selain mempelopori aset kripto, BlackRock juga sedang mengerjakan ETF lain yang menargetkan perusahaan metaverse.

“Nantinya akan masuk perusahaan yang memiliki produk atau layanan yang terkait dengan platform virtual, media sosial, game, aset digital, augmented reality dan banyak lagi,” mengutip dari Bloomberg.

Metaverse ETF mengikuti wawasan yang diterbitkan pada 14 Februari dari manajer portofolio BlackRock Technology Opportunities Fund Reid Menge, yang menyebut Metaverse sebagai “revolusi dalam pembuatan.”

‘Metaverse’ disebutkan dalam transkrip perusahaan. Sumber: BlackRock Market

Baca Juga: BlackRock, Google, Morgan Stanley Investasikan Miliaran Dollar ke Blockchain dan Crypto!

Nabiila Putri Caesari

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.