Bitwise Asset Management dan NYSE Ajukan Proposal Bitcoin ETF Ke SEC

By Aulia Medina     Thursday, February 28 2019

Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika untuk pertama kalinya semenjak Agustus lalu mengajukan lebih dari satu proposal bitcoin exchange-traded fund (ETF) dikarenakan baru-baru ini dimulai pengajuan ulang proposal yang diajukan pada 31 Januari.

Proposal bitcoin etf

Seperti yang diketahui Coindesk, proposal ETH sudah ada di Federal Register sekarang yang secara resmi memulai periode 45 hari dan regulator harus membuat keputusan awal. Di dalamnya, mungkin SEC akan menyetujui, menolak, atau melanjutkan proposal tersebut untuk dapat membuat keputusan terakhir dalam 240 hari. Anggota masyarakat yang ingin mengajukan tanggapan sekarang memiliki tiga minggu untuk berkomentar.

Seperti yang baru-baru ini dibahas, SEC merilis sebuah proposal bitcoin ETF yang diajukan oleh Bitwise Asset Management dengan NYSE Arca minggu lalu. Gabor Gurbacs, direktur dari strategi aset digital di VanEck mengatakan bahwa dia percaya bitcoin ETF akan dapat melayani kepentingan masyarakat. Dia mengatakan bahwa dia sedang bekerja dengan para regulator dan partisipan pasar lainnya untuk membawa “Kemudahan, transparansi, dan standar pasar profesional untuk aset digital.” Dia menambahkan:

“Saya berharap investasimu dalam peraturan dan edukasi pasar, kerja keras dan komitmen akan dihargai ketika sudah waktunya.”

Baca juga: Ahli Keuangan: “Akhirnya Bitcoin ETF Diluncurkan”

Matt Hougan, ketua peneliti Bitwise global mengatakan bahwa ekosistem crypto “berkembang sangat cepat,” yang mungkin saja dapat membantu bitcoin ETH untuk dapat disetujui. Khususnya, komisaris SEC Robert J. Jackson Jr. telah mengungkapkan bahwa ia mengharapkan produk keuangan untuk “akhirnya” disetujui.

Hougan menambahkan bahwa meskipun pasar bear crypto yang merupakan paling terlama dan semenjak bitcoin hadir satu dekade lalu, ada berbagai perkembangan dalam ruang, dan berbagai perusahaan mencoba memasuki dunia mata uang digital.

“Kurang lebih satu tahun yang lalu, kami tidak memiliki masa depan. Satu tahun lalu kami tidak memiliki banyak perusahaan yang membangun pasar. Beberapa bulan lalu, Anda tidak memiliki orang-orang seperti Fidelity yang diumumkan. Ini berkembang amat sangat cepat.”

Banyak penggemar cryptocurrency percaya ETF bitcoin akan menguntungkan pasar, dengan mendatangkan investor institusi dan meningkatkan likuiditasnya. Namun, SEC belum menyetujui ETF, dan pada kenyataannya SEC telah menolak beberapa aplikasi.

Sumber