Berita Bitcoin · 8 min read

Bitstamp Siap Prioritaskan Distribusi Bitcoin Mt. Gox ke Kreditur

BTC Mt. Gox

Exchange kripto Bitstamp menyatakan komitmennya untuk segera mendistribusikan Bitcoin Mt. Gox kepada para kreditur begitu mereka menerima Bitcoin tersebut.

Dilansir dari Decrypt, Bitstamp akan berupaya untuk mempercepat pembayaran Bitcoin kepada kreditur Mt. Gox, meskipun perjanjian dengan wali amanat memberikannya waktu hingga 60 hari untuk memulai proses distribusi.

Baca juga: Mt. Gox Segera Proses Pengambalian Bitcoin dan Fiat Kreditur

Mt. Gox Mulai Proses Ganti Rugi Bitcoin

Mt. Gox adalah exchange kripto Jepang yang mengalami kebangkrutan setelah peretasan pada Februari 2014. Insinden ini mengakibatkan hilangnya 740.000 Bitcoin yang saat itu bernilai sekitar US$64 juta.

Pada 5 Juli, Mt. Gox mengumumkan bahwa pihaknya telah memulai pembayaran ganti rugi dalam bentuk Bitcoin dan Bitcoin Cash kepada para kreditur senilai sekitar US$9 miliar sebagai bagian dari rencana rehabilitasi perusahaan.

Bitstamp merupakan salah satu dari lima exchange kripto yang akan mendukung proses rehabilitasi tersebut. Dua exchange Jepang, termasuk Bitbank dan SBI VC Trade, dilaporkan telah menerima dan mendistribusikan dana yang dialokasikan kepada mereka dan menyelesaikan proses ini dalam beberapa jam. 

Dari sekitar 142.000 BTC yang dibagikan, sebanyak 47.229 BTC telah dikirimkan ke dua exchange tersebut. Artinya, masih tersisa 94.771 BTC yang harus didistribusikan oleh wali amanat Mt. Gox ke tiga exchange lainnya.

Adapun status distribusi Bitcoin ke Bitstamp, Kraken, dan BitGo, masih belum jelas. Ketiga exchange itu memiliki batas waktu yang bervariasi, di mana BitGo memiliki batas waktu untuk proses distribusi hingga 20 hari, Bitstamp selama 60 hari, dan Kraken hingga 90 hari.

Baca juga: 10.000 Bitcoin Setara Rp2,6 Triliun Terkait Mt.Gox Mulai Bergerak!

Kepanikan Melanda Pasar Kripto

Banyak trader yang saat ini khawatir bahwa proses ganti rugi Mt. Gox ini akan berdampak signifikan pada harga Bitcoin, yang juga dapat memicu gejolak di pasar kripto secara luas.

Sebelumnya, aksi pemindahan Bitcoin Mt. Gox saja telah berdampak pada harga aset kripto tersebut, yang menyebabkan nilainya anjlok di bawah level US$56.000. 

Kendati demikian, Head of Research Galaxy, Alex Thorn,  memperkirakan bahwa dampak pembayaran Bitcoin Mt. Gox kepada kreditur tidak akan sebesar yang diantisipasi oleh pasar.

Menurutnya, kreditur individu yang akan menerima pembayaran Bitcoin kemungkinan besar akan memilih untuk menyimpan aset mereka daripada menjualnya segera. Beberapa alasan yang mendukung adalah karena mereka merupakan “pengguna awal yang melek teknologi” dan cenderung menjadi hodler jangka panjang.

Baca juga: Analis Prediksi Dampak Ganti Rugi Bitcoin Mt. Gox Tak Separah Perkiraan

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.