Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Bitcoin · 7 min read

Analis Prediksi Dampak Ganti Rugi Bitcoin Mt. Gox Tak Separah Perkiraan

Analis dari Galaxy memperkirakan bahwa dampak pembayaran Bitcoin Mt.Gox kepada kreditur tidak akan sebesar yang diantisipasi oleh pasar.

Dalam pengumuman pada Senin (24/6/2024), Mt.Gox menyatakan bahwa pembayaran kembali dalam bentuk Bitcoin dan Bitcoin Cash (BCH) senilai sekitar US$9 miliar akan dilakukan pada awal Juli 2024. Pengumuman ini memicu kekhawatiran akan adanya gejolak pasar akibat potensi aksi jual besar-besaran oleh kreditur.

Mt.Gox merupakan exchange kripto asal Jepang yang runtuh setelah mengalami peretasan pada Februari 2014, mengakibatkan kerugian sekitar 940.000 Bitcoin yang saat itu bernilai hanya US$64 juta. Saat ini, Mt.Gox berupaya membayar kembali kreditur dengan nilai aset yang jauh lebih tinggi.

Baca juga: Mt. Gox Segera Proses Pengambalian Bitcoin dan Fiat Kreditur

Head of Research di Galaxy, Alex Thorn, memperkirakan bahwa dari total 141.000 BTC yang dibayarkan, hanya 65.000 BTC yang akan benar-benar masuk ke pasar secara penuh.

Thorn memperkirakan bahwa sekitar 75% kreditur telah memilih untuk menerima pembayaran lebih awal, yang menyumbang 10% dari total proses pembayaran mereka dan menghasilkan sekitar 95.000 BTC yang masuk lebih awal ke pasar.

Sementara itu, terdapat sekitar 20.000 BTC yang terutang untuk dana klaim dan sekitar 10.000 BTC yang terutang kepada Bitcoinica BK. Dengan demikian, hanya tersisa 65.000 BTC yang akan diberikan kepada kreditur individu, yang secara signifikan mengurangi sebagian besar aktivitas penjualan yang diharapkan.

“Kami pikir lebih sedikit koin yang akan didistribusikan daripada yang dipikirkan orang dan hal itu akan menyebabkan tekanan jual Bitcoin lebih sedikit daripada yang diharapkan pasar,” kata Thorn dalam postingan X pada 24 Juni.

Baca juga: Mt. Gox Mulai Cairkan 142 Ribu Bitcoin di Maret 2023

Mayoritas Kreditur Akan HODL

Thorn meyakini bahwa kreditur individu kemungkinan besar akan menyimpan aset mereka daripada menjualnya segera.

Estimasi distribusi aset Mt. Gox ke kreditur. Sumber: Galaxy Research

Beberapa alasan yang meyakinkan adalah karena mereka merupakan “pengguna awal yang melek teknologi” dan cenderung menjadi hodler jangka panjang.

Kreditur individu juga menolak tawaran Mt. Gox selama bertahun-tahun untuk klaim dana, menunjukkan bahwa mereka lebih menginginkan aset mereka kembali daripada menerima pembayaran dalam mata uang dollar AS.

Selain itu, dampak pajak capital gain dari penjualan Bitcoin akan menjadi signifikan. Dengan apresiasi harga yang tinggi, meskipun hanya pemulihan in-kind sebesar 15%, pemegang klaim telah mendapatkan keuntungan hingga 140 kali lipat dari pemulihan kepemilikan Bitcoin mereka sejak proses kebangkrutan Mt.Gox.

“Karena itu, bahkan jika hanya 10% dari 65 ribu koin yang terjual, itu adalah 6.500 BTC yang akan dibuang ke pasar, dan kemungkinan besar (jumlah itu) yang akan dijual,” pungkas Thorn.

Di sisi lain, BCH berpotensi mengalami tekanan jual yang parah, karena banyak investor yang tidak pernah benar-benar membeli BCH secara langsung.

Para kreditur dikatakan hanya mengklaim BCH dari hard fork Bitcoin menggunakan keys Mt.Gox yang terjadi bertahun-tahun setelah kebangkrutan. Dengan likuiditas BCH yang rendah dan tidak adanya pembeli dalam jumlah besar, kreditur kemungkinan besar akan menjual sebagian besar aset ini.

Baca juga: Mt. Gox Terpantau Pindahkan Bitcoin Bernilai US$7,3 Miliar

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.