Bitmain Pasang 200,000 Mesin Mining Crypto di Cina

By Aulia Medina     Monday, March 25 2019

Perusahaan mining mata uang kripto, Bitmain dikabarkan merencanakan memasang 200,000 unit perangkat mining di Cina untuk mendapatkan keuntungan dari pembangkit listrik tenaga air berbiaya rendah di negara ini. Outlet media kripto melaporkan pada 21 Maret.

Sebuah sumber dari Cina yang terkait dengan kabar ini mengatakan kepada Coindesk bahwa Bitmain akan memasang 200,000 unit mesin mining mereka  untuk mengambil keuntungan dari biaya listrik tenaga air yang murah selama musim panas setelah hujan yang berlebihan di barat daya Cina. Mesin mining ini diperkirakan berharga sekitar $80 juga hingga $100 juta.

Bitmain dikabarkan telah melakukan negosiasi dan mulai membuat kesepakatan dengan lahan mining lokal untuk menampung peralatannya. Menurut sumber tersebut, Bitmain sedang menyebarluaskan mesin barunya seperti AntMiner S11 dan  S15 bersama dengan model lama seperti AntMiner S9i/j.

Baca juga: Aplikasi Mining Bitcoin Android Penghasil Terbanyak 2019

Berita tersebut datang saat keputusan Bitmain untuk menutup  pusat pengembangannya di Israel dan memecat pekerja lokal pada Desember lalu, dan untuk mengurangi operasinya di Belanda di bulan Januari. Gadi Glikberg, vice presiden marketing dan penjualan internasional sekaligus kepala cabang Israel seolah-olah mengaitkan penutupan dengan keruntuhan pasar crypto baru-baru ini:

“Pasar crypto telah mengalami perubahan dalam beberapa bulan terakhir, yang memaksa Bitmain untuk memeriksa beberapa aktivitasnya di seluruh dunia dan memfokuskan kembali bisnisnya sesuai dengan situasi saat ini. “

Dikarenakan penutupan operasinya di Belanda, Bitmain mengatakan bahwa gerakan tersebut adalah bagian dari rencana jangka panjang dari tindakan penghematan biaya mereka. Bitmain dikabarkan kesulitan dikarenakan sebagai akibat dari penurunan profitabilitas penambangan Bitcoin dalam beberapa bulan terakhir, dengan Bitcoin (BTC) saat ini berputar-putar $ 4.000.

Juga pada bulan Januari, Bitmain dikabarkan akan menunda operasi miningnya di Rockdale, Texas, Amerika Serikat. Steve Young, seorang Hakim Milam County mengeluarkan pernyataan yang melaporkan bahwa semua karyawan Bitmain kecuali dua insinyur dan direktur human relation telah diberhentikan, dan semua operasi telah ditangguhkan.

Sumber