Bitcoin Tutup Bulan Maret dengan Pencapaian Terbaiknya dalam 8 tahun

Felita Setiawan

3rd April, 2021

Bitcoin (BTC) telah melihat Q1 atau kuartal pertama paling sukses dalam delapan tahun.

Data yang diterbitkan oleh sumber daya analitik Bybt saat Q1 2021 berakhir menunjukkan bahwa BTC / USD memperoleh harga lebih baik dalam tiga bulan pertama tahun ini daripada sejak 2013.

Harga BTC Naik 103% di Q1

BTC/USD charty bulanan. Sumber: Bybt

Meskipun belum berhasil untuk meraih harga sepanjang masa sebelum Q2 dimulai. Bitcoin melakukan kinerja yang langka pada bulan Maret ini. Padahal biasanya, di bulan Maret Bitcoin menunjukan pengembalian negatif.

Cryptocurrency dengan kapitalisasi terbesar ini tidak hanya naik hampir 30% kali ini, Bitcoin juga membukukan harga tertinggi dalam sejarah $61.700.

Selalu Terbentuk Candle Hijau

Di Q1 2021 nampak selalu terbentuk candle hijau di setiap bulan dengan kenaikan triwulanan gabungan mencapai  103,1%.

Tahun terakhir yang melampaui ini terjadi pada tahun 2013 ketika harganya di bawah $ 100, dengan kinerja Q1 sebesar 539%.

Dengan harga terbaik Bitcoin di kuartal pertama yang terjadi, maka antisipasi untuk beberapa bulan ke depan sudah terbangun. Q2 atau kuartal kedua secara tradisional adalah waktu terkuat tahun ini untuk Bitcoin sebab di kuartal ini Bitcoin hanya pernah menujukan dua tahun dengan pengembalian yang negatif yaitu kurang dari 10%.

Baca jug; Bitcoin Mencapai Rp1,15 Miliar Bulan Mei, Menurut Beberapa Trader Options

Target yang harus dikalahkan adalah dari 2019, yang menghasilkan 159% keuntungan, dan merupakan Q2 terbaik sejak 2013.

Bitcoin Berada di Jalur yang Tepat

Bitcoin berkinerja persis seperti yang diharapkan pada tahun setelah pengurangan subsidi blok, yang secara tradisional terkuat dalam setiap siklus halving yang terjadi dalam empat tahun sekali.

Membandingkan siklus ini dengan siklus sebelumnya dari 2021, 2013 dann 2017 menunjukkan bahwa terlepas dari level tertinggi sepanjang masa, Bitcoin sebenarnya tidak melakukan apa pun yang luar biasa.

Baca juga: CEO SkyBridge Capital Ungkap Bitcoin Lebih Baik dari Emas tapi Ada Syaratnya

Mengunggah versi terbaru dari grafik yang menunjukkan pergerakan harga setelah setiap separuh, analis kuantitatif PlanB menghentikan kekhawatiran bahwa BTC / USD telah naik terlalu cepat dalam beberapa bulan terakhir.

“Bitcoin saat ini berada di antara trek 2013 dan 2017,” cuit PlanB di akun Twitternya.

Seperti yang dilaporkan Cointelegraph, model harga stock-to-flow PlanB membutuhkan harga rata-rata $100.000 atau $288.000 untuk siklus ini, dengan yang pertama sekarang cenderung terlalu konservatif sebagai yang teratas.

Felita Setiawan

Mengenal industri Blockchain dan Crytpo sejak tahun 2017, Felita berfokus dalam mengedukasi masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan mendapatkan manfaat dari aset digital.

Mengenal industri Blockchain dan Crytpo sejak tahun 2017, Felita berfokus dalam mengedukasi masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan mendapatkan manfaat dari aset digital.