Bitcoin Tokcer, Kapitalisasi Pasar Bitcoin Mengungguli Perusahaan Publik Ini

febrian surya

9th November, 2020

Seiring kinerja mata uang digital paling berharga yang kian tokcer dalam beberapa bulan terakhir, nilai kapitalisasi pasar Bitcoin mengalami kenaikan dari $190 miliar menjadi $280 miliar. Bahkan, nilai market cap tersebut mengalahkan perusahaan-perusahaan besar di luar sana, termasuk bank.

Pada awal September, ketika harga Bitcoin masih berkutat di sekitar $10.000. Kapitalisasi pasar dari Bitcoin sebesar $190 miliar namun saat harga Bitcoin naik ke lebih dari $15.000 menjadi $280 miliar.

Melonjaknya nilai kapitalisasi pasar ini membuat Bitcoin jauh lebih bernilai dibanding perusahaan-perusahaan besar asal Amerika Serikat lainnya.

Bitcoin setara dengan perusahaan komersil terbesar ke-18 di AS

Besaran nilai kapitalisasi pasar si emas digital saat ini, bila kita bandingkan atau setarakan dengan perusahaan publik di Amerika Serikat. Bitcoin berada di peringkat ke-18, tepat di bawah Home Depot dengan kapitalisasi pasar $306 miliar. Jadi, bitcoin bisa disejajarkan dengan Verizon dengan kapitalisasi pasar $242 miliar.

Karena saat ini kapitalisasi pasar yang dimiliki Bitcoin mencapai sekitar $280 miliar, Bitcoin masih lebih bernilai dibanding perusahaan-perusahaan AS di luar 17 besar di antaranya; PayPal, Netflix, BofA, Coca-Cola, Salesforce, dan Disney.

Pada 2017, harga Bitcoin menyentuh harga tertingginya setelah 15 bulan pasca block reward halving tahun 2016. Halving day pada Mei 2020 berdasarkan historis akan membuat Bitcoin mencapai puncak tertingginya di pertengahan tahun 2021.

Dalan jangka panjang, investor dan analis cryptocurrency memiliki persepsi bahwa Bitcoin dapat dijadikan sebagai pelindung nilai yang tahan lama. Persepsi ini akan mendorong valuasi dari Bitcoin itu sendiri.

Tyler Reynolds, mantan alumni Google dan Morgan Stanley, mengatakan hard supply Bitcoin membuatnya menarik sebagai pelindung nilai terhadap pengeluaran pemerintah. Ia mengungkapkan:

“Seperti yang saat ini sedang terbentuk, kenaikan berikutnya akan dipimpin oleh BTC dengan narasi yang telah dikatakan OG sejak 2011. Hard Supply Bitcoin menjadikannya sebagai Store of Value (SoV) yang tahan lama karena pemerintah mendevaluasi mata uang fiat mereka untuk mendukung pengeluaran pemerintah yang tidak dibatasi.” Investor terkenal seperti Paul Tudor Jones, menyebut bahwa Bitcoin sebagai permainan inflasi yang ideal.

Bitcoin sangat baik bagi investor institusi sebagai pelindung nilai dengan portofolio terdiversifikasi tetapi juga memberikan eksposur investor terhadap potensi imbalan risiko asimetris Bitcoin.

Kapitalisasi pasar yang dimiliki saat ini masih tergolong rendah dibanding perusahaan seperti Visa dan aset safe-haven seperti emas menunjukkan adanya ruang bagi Bitcoin untuk bertumbuh dalam dekade berikutnya.

Sumber