Berita Bitcoin · 6 min read

Bitcoin Ngegas! Siapa Investor Selanjutnya yang Melirik BTC?

Pada Sabtu (21/11/2020), pergerakan harga Bitcoin kembali menguat hingga mendekati $19.000. Walaupun begitu, tren kenaikan BTC dalam beberapa bulan terakhir ini tidak semerta-merta membuat perusahaan-perusahaan besar di luar sana langsung tergoda untuk menggelontorkan miliar rupiah ke pasar Bitcoin.

Mengutip dari Cryptotips, setidaknya ada 14 perusahaan besar yang dikabarkan telah berinvestasi Bitcoin. Dari 14 perusahaan tersebut, perusahaan MicroStrategy memiliki total investasi sebanyak 38.250 BTC.

Total investasi BTC ini menjadi yang paling besar dibanding perusahaan-perusahaan lainnya yang juga menempatkan dananya di BTC. Misalnya Galaxy Digital Holdings, Square, Hive Blockchain, Argo Blockchain, dll.

Jika kita jumlahkan total Bitcoin yang dimiliki oleh 14 perusahaan tersebut sebanyak 67.596 BTC.  Namun, total jumlah Bitcoin ini dianggap masih kecil karena hanya menyumbang 0,36% saja dari sirkulasi pasokan BTC secara global.

Oleh karenanya, masuknya investor institusi dengan dana yang besar ke pasar Bitcoin bisa menjadi faktor fundamental yang membuat harga BTC terus meningkat. Yang diprediksi bisa melewati harga tertingginya sepanjang sejarah pada 2017 lalu yakni menyentuh lebih dari $20.000.

Sebenarnya, kabar masuknya investor besar ke BTC memang sedang santer beredar. Setelah trader kawakan Paul Tudor Jones, telah menempatkan 2% dari portofolio investasinya ke BTC. Dan belum lagi, adanya dana besar yang dimiliki oleh Warren Buffet yang memegang uang tunai sekitar Rp2.000 triliun pada beberapa waktu lalu.

Namun, Warren Buffet tidak memilih BTC sebagai salah satu portofolio investasinya untuk mengincar cuan di tengah pandemi. Ia malah memilih untuk membeli 4 saham farmasi dengan total $2,15 miliar.

Tentunya hingga saat ini kita masih menunggu-nunggu siapa lagi investor institusi dan orang-orang tajir lainnya yang akan membeli BTC dalam waktu dekat. Lantaran, para analis crytocurrency mengatakan bahwa BTC saat ini bisa dijadikan sebagai pelindung nilai daripada hanya  menyimpannya dalam bentuk mata uang, yang lebih rentan terdampak inflasi.

Walaupun sulit menebak siapa perusahaan maupun orang tajir berikutnya yang berinvestasi di Bitcoin? Hal yang pasti dan perlu diketahui adalah pergerakan reli harga Bitcoin saat ini yang semakin mendekati harga tertingginya sepanjang masa dapat dipengaruhi oleh masuknya dana besar ke pasar Bitcoin.

Meningkatnya harga Bitcoin akhir-akhir ini juga bisa disebabkan oleh Bitcoin kian dilirik oleh invidu maupun investor institusi yang mulai berinvestasi melalui hedge fund.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dhila Rizqia

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.