Bitcoin Melejit, Bagaimana dengan Pendapatan Square?

febrian surya

7th November, 2020

Beberapa waktu lalu, perusahaan Square menjadi salah satu investor institusi yang diketahui sudah menempatkan dananya sebesar $50 juta dalam bentuk Bitcoin. Tentunya bila kita bandingkan dengan investor institusi lainnya yang sudah berinvestasi Bitcoin sebelumnya yakni MicroStrategy.

Nilai investasi Bitcoin yang digelontorkan oleh Square masih kalah jauh dibanding MicroStrategy sebesar $425 juta. Investasi Bitcoin yang dilakukan oleh Square pada bulan Oktober lalu hanya sekitar 1/8 dari investasi Bitcoin milik MicroStrategy.

Ternyata, hanya dalam sekitar satu bulan lamanya investasi Bitcoin milik Square sudah memberikan kontribusi terhadap peningkatan pendapatan perusahaan. Tercatat, perusahaan Square berhasil membukukan kenaikan pendapatan sebesar 1.100% pada kuartal III 2020 dibanding kuartal III tahun sebelumnya.

Di mana, dari berbagai sumber pendapatan yang diperoleh oleh perusahaan. Ternyata, pendapatan dari Bitcoin menjadi yang paling besar dibanding sumber pendapatan lainnya. Dengan persentase hampir 80% dari pendapatan Cash App (aplikasi pembayaran milik Square) sebesar $2,07 miliar.

Aplikasi Cash App menghasilkan laba kotor $32 juta  yang disebabkan oleh pendapatan Bitcoin. Sedangkan, untuk laba kotor keseluruhan adalah $435 juta untuk aplikasi tersebut.

Pada periode kuartal III, perusahaan Square menghasilkan pendapatan hingga lebih dari $3 miliar. Lebih dari setengah total pendapatan ini dihasilkan dari profit yang diberikan oleh Bitcoin yang diinvestasikan oleh perusahaan pada Oktober lalu. Kontribusi pendapatan Bitcoin milik Square mencapai $1,63 miliar.

Perusahaan fintech ini mengatakan bahwa pendapatan dan laba kotor Bitcoin diperoleh dari naiknya aktivitas Bitcoin dan volume per pelanggan. Seperti diketahu, Cash App adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk membeli Bitcoin dan mengirimkannya kepada pengguna lainnya.  Pendapatan Square pada kuartal III ini mengalami kenaikan dibanding kuartal sebelumnya dari $875 juta menjadi lebih dari $3 miliar.

Sumber