Berita Bitcoin · 5 min read

Bitcoin Hashprice Sentuh Titik Terendah, Apa Artinya?

Hashprice Bitcoin mining

Bitcoin hashprice yang merupakan ekspektasi reward dari mining Bitcoin per 1 TH/s menyentuh titik terendah sepanjang masa menunjukan bahwa mining Bitcoin menjadi lebih sulit. Terlebih lagi hal ini kurang menguntungkan ketika harga Bitcoin tetap stagnan dan jumlah miners semakin meningkat.

Bitcoin Hashprice Sentuh Titik Terendah

Bitcoin hashprice menyentuh titik terendah pada 29 Agustus 2023 yakni US$0,06 per TH/s berkorelasi dengan harga Bitcoin rata-rata di hari yang sama yakni US$27.596. Metrik ini dipengaruhi oleh empat faktor yakni: harga Bitcoin, subsidi blok, fee transaksi, dan tingkat kesulitan mining.

bitcoin
Gambar: Bitcoin hashprice menyentuh titik terendah sepanjang masa

Satu faktor yang signifikan menyebabkan nilai Bitcoin hashprice mengalami penurunan adalah tingkat kesulitan mining Bitcoin. Hashprice dan tingkat kesulitan mining memiliki hubungan terbalik, dalam kasus ini tingkat kesulitan mining menyentuh titik tertinggi dalam 1 tahun terakhir yakni 55,62 triliun.

Gambar: Grafik tingkat kesulitan mining Bitcoin

Dengan harga Bitcoin yang hanya mengalami sideways tanpa apresiasi harga yang signifikan, maka hal ini merugikan miners sebab potensi pendapatan mereka menjadi berkurang. Hal yang mungkin terjadi adalah miners kemungkinan keluar dari persaingan hingga saturasi dan hashprice kembali membaik.

Kejadian penurunan nilai Bitcoin hashprice ini juga terjadi pada akhir tahun 2019 menjelang Bitcoin halving Mei 2020. Hashprice tercatat mengalami penurunan dari US$0,40 ke US$0,17. Setahun setelah halving 2020 yakni pada tahun 2021, hashprice mengalami kenaikan kembali ke level US$0,40. Kenaikan hashprice ini disebabkan karena harga Bitcoin pada tahun 2021 menyentuh all time high di harga US$69.000.

Jika penurunan hashprice per artikel ini ditulis mengikuti pola sebelumnya, maka kemungkinan nilai hashprice akan meningkat setelah halving 2024 yakni di tahun 2025 dengan faktor penyebabnya adalah harga Bitcoin yang mengalami kenaikan signifikan di tahun 2025.

Baca juga: Data Tunjukkan Bitcoin Makin Kebal Volatilitas Terhadap Laporan CPI AS

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.