Bitcoin ETF Mendekati Persetujuan, Kabar Positif untuk Pasar Amerika

Naufal Muhammad

12th August, 2021

Para Manajer Investasi di Amerika Serikat nampaknya mulai positif terhadap pandangan regulasi Bitcoin ETF atau Reksadana Bitcoin.

Harapan ini juga semakin membesar setelah pernyataan dari Gary Gensler, Kepala Securities and Exchange Commission.

Harapan Persetujuan Bitcoin ETF Meningkat Kembali

Kabar positif ini terlihat membesar dengan potensi persetujuan reksadana ETF Bitcoin yang tidak hanya berbasis pasar spot namun juga futures.

Salah satu yang menyatakan antusiasmenya adalah Valkyrie Digital Assets, yang baru saja mengajukan perizinan penerbitan Bitcoin ETF berbasis futures.

Menurut draft dari 11 Agustus 2021, nantinya ETF tersebut akan dibeli melalui pihak ketiga yang berada di Caymand Island yang dimiliki oleh Valkyrie.

Perusahaan tersebut juga sudah terdaftar di Amerika secara legal, sehingga perizinan seharusnya mendapatkan kelancaran.

Selain itu dalam draft tersebut, Valkyrie juga menyebutkan bahwa mereka hanya akan investasi pada kontrak futures Bitcoin yang diterbitkan Chicago Mercantile Exchange atau CME.

Di luar perizinan ETF Futures ini, Valkyrie juga mengajukan perizinan untuk Bitcoin ETF berbasis aset Bitcoin itu sendiri atau berbasis pasar spot.

Pengajuan tersebut telah dilakukan sejak April 2021, namun telah diperbarui pada Bulan Agustus 2021.

Pengajuan ini datang bersama Gary Gensler yang menyatakan bahwa SEC akan lebih terbuka untuk menyetujui perizinan ETF Bitcoin.

Analis Senior dari Bloomberg, Eric Balchunas, menyatakan bahwa Valkyrie saat ini merupakan perusahaan manajemen aset keempat yang mengajukan izin ETF Bitcoin.

Waktu pengajuan yang dimaksud adalah perusahaan keempat setelah Gary Gensler menyatakan dukungannya.

Menurut Balchunas, diprediksi bahwa Valkyrie akan mendapatkan keputusan perizinan di sekitar November 2021.

Dampak Positif untuk Pasar Crypto

Jika disetujui, kabar ini dapat berdampak positif untuk pasar crypto secara menyeluruh, akibat mendorong regulasi ke arah positif.

Persetujuan tersebut dapat diartikan sebagai dukungan untuk pasar crypto oleh pemerintah, yang merupakan sebuah hal yang ditunggu investor.

Perizinan ini merupakan sebuah perbincangan yang sudah cukup lama dan sebelum Gary Gensler menjabat, umumnya perizinan ETF ini ditelantarkan oleh SEC.

Dengan adanya persetujuan ini, Amerika akan menjadi salah satu negara yang meresmikan aset digital sebagai alat investasi yang legal.

Walau telah terdahului oleh beberapa negara, melihat signifikansi Amerika di pasar crypto, dampaknya akan sangat positif untuk pasar.

Oleh karena itu, ke depannya jika perizinan ini mendapatkan persetujuan, tidak hanya akan ada sejarah baru namun akan dorongan positif baru.

Namun untuk saat ini nampaknya masih terdapat beberapa halangan terutama dari sisi pemerintah pusat yang sedang berdiskusi mengenai perpajakan.

Perpajakan ini dapat mengurangi insentif untuk investasi crypto di Amerika, sehingga penyusunannya masih membutuhkan waktu lama.

Untuk saat ini perizinan telah masuk ke tahap persetujuan dan pengubahan oleh perwakilan rakyat setelah lolos dari beberapa senator.

Jadi semua masih bergantung pada regulasi, yang menurut mayoritas analis pasar, akan berdampak signifikan terhadap masa depan crypto di Amerika.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.