Berita Bitcoin · 5 min read

15 Tahun Bitcoin: Dari Whitepaper hingga Revolusi Keuangan Global

Bitcoin 15 Tahun

31 Oktober 2008, 15 tahun lalu, whitepaper Bitcoin: Sistem Uang Elektronik Peer-to-Peer” oleh Satoshi Nakamoto diluncurkan di tengah kondisi ekonomi dunia yang tidak stabil. 

Kala itu, adalah waktu yang sangat buruk untuk dunia keuangan, perusahaan besar seperti Lehman Brothers bangkrut dan butuh dana talangan. Banyak perusahaan tertatih-tatih, dan pasar saham melemah. 

Baca juga: Whitepaper Bitcoin Versi Bahasa Indonesia

Pada 2008 Bitcoin (BTC) hadir sebagai revolusi dalam dunia keuangan, dengan sifat-sifat yang berlawanan dengan mata uang fiat. Bitcoin bersifat terdesentralisasi, terbatas, dan tidak dikuasai oleh pihak mana pun. 

Bitcoin pun telah mengubah cara pandang orang terhadap sistem keuangan. Ia menawarkan metode transfer nilai yang aman, cepat, dan hemat biaya bagi masyarakat di seluruh dunia, mendobrak batas-batas negara, memfasilitasi pertukaran nilai global. 

Bitcoin juga menawarkan peningkatan privasi, memberdayakan individu untuk memiliki kendali lebih besar atas keuangan mereka.

Di usianya yang ke 15 tahun, aset ini telah menjelma sebagai aset yang diperhitungkan di dunia keuangan global, menjadi salah satu pemicu dari perkembangan mata uang kripto dan digital lainnya.

Apa saja yang sudah dialami oleh aset buatan Satoshi Nakamoto selama 15 tahun? Berikut ini uraiannya.

2008-2009: Masa Awal

Rilis Whitepaper

Satoshi Nakamoto merilis whitepaper Bitcoin berjudul “Bitcoin: Sistem Uang Elektronik Peer-to-Peer” pada tanggal 31 Oktober 2008. Makalah ini meletakkan dasar teoritis untuk mata uang digital terdesentralisasi.

Genesis Block

Pada tanggal 3 Januari 2009, Satoshi Nakamoto menambang blok Bitcoin pertama, yang dikenal sebagai “Genesis Block” atau “Block 0.” Blok tersebut berisi pesan yang merujuk pada berita utama tentang dana talangan bank, yang menyoroti akar anti kemapanan Bitcoin.

2010: Transaksi Pertama

Pembelian Pizza

Pada tanggal 22 Mei 2010, seorang programmer bernama Laszlo Hanyecz membayar 10.000 BTC untuk dua pizza. Transaksi ini diperingati setiap tahun sebagai “Bitcoin Pizza Day”.

Nilai Pasar

Bitcoin pada dasarnya tidak berharga hingga bursa pertama seperti Mt. Gox mulai memberikan harga pasar, yang awalnya hanya beberapa sen.

2011-2012: Altcoin dan Adopsi

Altcoin

Pada tahun 2011 lahirlah mata uang kripto alternatif seperti Litecoin (LTC), yang menawarkan waktu transaksi lebih cepat. Ripple (XRP) juga memulai debutnya dengan menyasar sektor perbankan.

Silk Road

Pasar gelap Silk Road mulai menerima Bitcoin pada tahun 2011. Meskipun menarik perhatian terhadap Bitcoin, hal ini juga menuai kritik karena memfasilitasi aktivitas ilegal.

2013-2014: Boom dan Bust

Lonjakan Harga

Pada akhir tahun 2013, Bitcoin mengalami lonjakan harga besar yang pertama, mencapai lebih dari US$1.000. Hal ini didorong oleh perdagangan spekulatif dan peningkatan adopsi.

Mt. Gox Runtuh

Pada tahun 2014, Mt. Gox, yang menangani sekitar 70% dari seluruh transaksi Bitcoin pada saat itu, mengajukan kebangkrutan setelah kehilangan 850.000 BTC karena peretasan.

Baca juga: Mt. Gox Tunda Bayar Kreditur Hingga Oktober 2024

2015-2016: Pemulihan dan Kepentingan Institusi

Pemulihan

Setelah bangkrunya Mt.Gox., harga Bitcoin stabil di kisaran US$200-US$600. Ekosistem mulai pulih.

Kepentingan Institusional

Perusahaan seperti IBM dan Microsoft mulai mengeksplorasi teknologi blockchain untuk berbagai aplikasi, menandakan meningkatnya minat institusional.

2017: Bull Run Pertama

Lonjakan Harga: Dipicu oleh kepentingan ritel dan institusi, harga Bitcoin meroket, mencapai titik tertinggi sepanjang masa hampir US$20.000 pada bulan Desember 2017.

ICO Boom

Tahun ini juga terjadi lonjakan ICO, di mana startup mengumpulkan dana miliaran melalui penjualan token baru.

2018: Bubble Bitcoin

Harga Jatuh

Gelembung tersebut pecah pada tahun 2018, dan harga Bitcoin anjlok hingga sekitar US$3.000 pada akhir tahun.

Pengawasan Peraturan

Pemerintah dan regulator keuangan di seluruh dunia mulai memperhatikan mata uang kripto lebih dekat, sehingga menghasilkan berbagai peraturan.

Baca juga: Begini Pergerakan Bitcoin dari Tahun 2008-2023

2019-2020: Pematangan dan Adopsi

Stablecoin

Stablecoin seperti Tether (USDT) dan USD Coin (USDC) menjadi terkenal karena menawarkan nilai yang stabil dibandingkan dengan mata uang kripto lainnya.

Adopsi Arus Utama

Perusahaan seperti PayPal dan Square mulai menawarkan layanan mata uang kripto, yang menandakan adopsi arus utama.

2021-2022: Adopsi Kelembagaan dan NFT

Adopsi Institusional

Perusahaan seperti Tesla dan MicroStrategy menjadi berita utama dengan menambahkan Bitcoin ke neraca mereka.

NFT

Token non-fungible (NFT) meledak popularitasnya, menjadi fenomena budaya arus utama dan membawa perhatian baru ke dunia kripto.

Bitcoin All Time High

Pada November 2021, Bitcoin menyentuh harga tertinggi sepanjang masa di angka US$68,789.63

2023: Masa Kini

Lingkungan Peraturan

Kejelasan peraturan masih dalam proses, dengan negara-negara seperti A.S. dan Tiongkok mengambil sikap yang berbeda.

Kemajuan Teknologi

Fokusnya telah beralih ke solusi Lapisan 2 seperti Lightning Network, keuangan terdesentralisasi (DeFi), dan teknologi Web3.

Bitcoin ETF

Bitcoin ETF menjadi salah satu tren di tahun ini, adanya hal tersebut diprediksi bisa membuat adopsi Bitcoin semakin luas dan mendorong harganya naik kembali. Salah satu jenis ETF Bitcoin yang tengah jadi perhatian adalah ETF Bitcoin Spot.

Institusi besar, seperti BlackRock, Fidelity, Ark Investment, dan lain sebagainya, berbondong-bondong mengajukan aplikasi ETF BTC Spot kepada Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC).

Baca juga: Mengenal ETF Bitcoin dan Dampaknya Pada Harga BTC


Bitcoin telah menjelma dari sekadar ide revolusioner menjadi kekuatan yang mengubah dunia keuangan.

Di usianya yang ke-15, Bitcoin bukan hanya sebuah aset atau mata uang kripto; ia adalah simbol dari sebuah gerakan yang lebih besar menuju desentralisasi dan pemberdayaan individu.

Dari whitepaper hingga adopsi institusional, perjalanan Bitcoin selama ini adalah bukti nyata dari potensi dan ketahanan inovasi

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.