Bitcoin Dapat Kalahkan Visa, MasterCard, dan Sistem Pembayaran Top Dunia dalam 10 Tahun

By Aulia Medina     Friday, April 5 2019

Bitcoin (BTC) harus merebut sistem pembayaran global saat ini dalam satu dekade, sebuah laporan baru dari startup perangkat lunak DataLight pada 2 April.

Dalam laporan tentang transaksi di jaringan Bitcoin versus Visa, MasterCard, dan PayPal, perusahaan peneliti membuat prediksi bahwa jika laju pertumbuhan jaringan Bitcoin saat ini berlanjut, Bitcoin akan mengalahkan persaingan dari pemain lama pasar.

“Hanya dalam 10 tahun, Bitcoin telah berhasil bersaing dengan para pemimpin industri sistem pembayaran. Pengembangan Bitcoin terjadi secara eksponensial, “demikian kesimpulan laporan itu. Lalu berlanjut:

“Jika mempertahankan kecepatan ini, dalam 10 tahun lagi, Bitcoin akan melampaui semua kompetisi.”

keunggulan bitcoin

Dasar untuk asumsi itu terletak pada jumlah node yang sudah jauh lebih besar, biaya yang lebih rendah dan ukuran transaksi rata-rata, di antara faktor teknis lainnya.

Bitcoin, misalnya, memiliki sekitar 10.000 node aktif, dibandingkan dengan 119 pusat data Visa, 98 MasterCard dan 51 PayPal.

Baca juga: Regulasi Baru Uni Eropa Akhiri Pembelian Bitcoin Secara Anonim

Pada saat yang sama, Bitcoin memiliki lebih sedikit pengguna, sejalan dengan periode hanya sepuluh tahun di pasar; Visa dan MasterCard memulai debutnya pada 1950-an dan 60-an, sementara PayPal mengikuti pada tahun 1998.

Saat ini ada sekitar 25 juta dompet Bitcoin, sementara jumlah kartu kredit, debit Visa dan MasterCard yang beredar telah mencapai 5,3 miliar, catatan laporan itu.

Menurut laporan, untuk DataLight, ini adalah tanda-tanda proses sedang berlangsung. Dalam waktu dekat, kemajuan akan menjadikan proposisi Bitcoin menarik bagi konsumen, mengeluarkannya dari lingkungan teknisnya.

Secara khusus, sementara cryptocurrency hanya dapat menangani sekitar tujuh transaksi per detik saat ini dibandingkan dengan 65.000 Visa, solusi penskalaan — terutama Lightning Network — memiliki lebih dari cukup waktu untuk mengubah utilitas Bitcoin, tulis DataLight.

Laporan itu menyoroti, “saat ini sistem pembayaran Bitcoin jauh lebih unggul daripada pembayaran internasional konvensional dan transfer kawat.” Lalu menambahkan:

“Peningkatan teknis jaringan Bitcoin hampir pasti menjadikannya sistem pembayaran utama dunia. Inilah sebabnya mengapa tren bear 2018 akan menjadi penurunan lain sebelum pertumbuhan eksponensial dan tertinggi baru sepanjang masa.”

Seperti yang dilaporkan Cointelegraph, melihat sumber-sumber penelitian lain mengawasi acara pemblokiran setengah reward blok 2020 sebagai momen penting bagi antusiasme  Bitcoin. Harganya, menurut mereka, dapat mulai bereaksi satu tahun sebelumnya, pada bulan Juni tahun ini.

Sementara itu jangka waktu sepuluh tahun menggemakan kata-kata serupa dari CEO Twitter Jack Dorsey, yang menegaskan kembali keyakinannya pada Februari bahwa Bitcoin akan menjadi bentuk mata uang internet global pada tahun 2028.

Sumber