Berita Bitcoin · 7 min read

Bitcoin Cash Janjikan Sistem Pesan Terenkripsi

Pengembang Bitcoin Cash (BCH), Chris Troutner memperjuangkan sistem perlindungan privasi ke tingkat yang lebih baru. Ia membuat sistem pesan terenkripsi yang dapat memanfaatkan transaksi Bitcoin Cash. Sistem ini dijuluki bch-encrypt atau Enkripsi-Bitcoin Cash, cara kerja sistemnya mirip dengan enkripsi pada surat elektronik.

Dilansir Decrypt, Troutner mengatakan, “Dalam sistem email, Anda mendapatkan kunci publik seseorang, terdapat enkripsi pada pesan, dan hanya orang dengan kunci pribadi yang dapat mendekripsikan pesan tersebut.”

Demikian pula dalam Enkripsi-Bitcoin Cash, siapaun dapat mengenkripsi pesan selama mereka memiliki alamat Bitcoin Cash. Pesan akan ditulis ke blockchain, dan hanya orang yang memegang kunci pribadi alamat tersebut yang dapat mengakses dan mendekripsikan pesannya.

Melawan UU EARN IT dengan Enkripsi-Bitcoin Cash

Troutner mengembangkan sistem pengiriman pesan ini sebagai tanggapannya terhadap Eliminating Abusive and Tampant Neglect of Interactive Technologies (“EARN IT”) Act

EARN IT Act sendiri menjadi bahan pembicaraan di level Senat AS. Pada level masyarakat, Undang-Undang (UU) EARN IT ini menjadi bahan perbindangan karena UU ini berpotensi untuk memberikan kekuatan kepada Jaksa Agung dalam memaksa penyedia layanan online memecahkan enkripsi layanannya jika diminta atau akan terkena potensi hukuman. UU ini dirasa telah melanggar perlindungan Konstitusi dalam Kebebasan Berbicara dan Privasi.

Terdapat pro-kontra terhadap undang-undang ini, ada yang merasa hal ini sebagai sarana untuk memerangi pelecehan seksual terhadap anak yang sekarang marak dilakukan secara online, tetapi para pihak pendukung privasi seperti Electronic Frontier Foundation menyebut UU itu sebagai “bencana terhadap kebebasan berbicara dan keamanan pengguna internet”.

Mereka berpendapat bahwa UU EARN IT ini dapat disalahgunakan yang menghilangkan enkripsi end-to-end dalam aplikasi pesan instan dan platform komunikasi lainnya.

Baca juga: Lacak Produk Plastik dari Hulu ke Hilir Pakai Blockchain

Bagi Troutner, Langkah Ini Terlalu Jauh

Dilansir dari tulisan Troutner pada Reddit, “untuk membuktikan betapa tidak efektifnya pembuatan UU ini, saya telah merilis sebuah video demo untuk beberapa perangkat lunak yang saya buat. Sistem ini memungkinkan Anda mengenkripsi pesan dan mengirimkannya kepada seseorang menggunakan Bitcoin Cash.”

“Tidak ada seorangpun dari aktor negara yang dapat menghentikan komunikasi atau memutus sebuah enkripsi. Bitcoin tidak menghormati hukum.” Ia menyebutkan hal tersebut karena enkripsi ini memanfaatkan protokol Bitcoin, dan tidak ada jalan bagi perusahaan manapun untuk ikut tunduk pada UU EARN IT tersebut.

“Pendeskripsian kode tidak akan benar-benar berhasil dilakukan meski jika mereka mencobanya dalam rangka mematuhi hukum tersebut.. Miliaran dolar dipertaruhkan dalam cabang Bitcoin. Hal ini membuktikan enkripsi tidak dapat sembarangan dipecahkan oleh aktor negara mana pun.”

Untuk keterbatasan sistem tersebut misalnya memberikan data surplus secara berlebihan pada blockchain, Troutner menjelaskan hal tersebut tidak akan jadi masalah selama sistem dapat menghapus file-file besar seperti itu. 

“Teknik ini dapat diperluas dengan memanfaatkan IPFS atau Teknologi Inter Planetary File untuk mengenkripsi dan bebagi file besar”, tambahnya.

Salah satu syarat Enkripsi-Bitcoin Cash sendiri adalah perlunya menyediakan kunci pribadi untuk pembayaran saat mengirim pesan. Ketika ditanya apakah ini dapat menimbulkan risiko keamanan, Troutner menjelaskan tidak bijaksana untuk menyimpan banyak uang pada alamat yang mengontrol pesan terenkripsi.

Peluncuran Sistem Enkripsi-Bitcoin Cash ke Publik

Saat ini, Enkripsi-Bitcoin Cash baru ada di GitHub. Troutner masih dalam usaha untuk merampungkan sistem tersebut agar lebih mudah diakses.

“Saya berencana untuk membuat sebuah halaman situs FullStack.cash. Pada halaman tersebut orang-orang dapat memasukan mnemonic 12-kata, alamat Bitcoin Cash orang lain, dan pesan, lalu tinggal diklik dan kirim. Itulah cara mudah mengirim pesan terenkripsi untuk orang-orang di jaringan Bitcoin Cash.”

Dia juga mengungkapkan rencana untuk mengintegrasikannya ke dalam dua platform media sosial berbasis desentralisasi berbasis blockchain. Platform tersebut adalah emo.cash, platform berbasis seperti Twitter dan member.cash sebuah situs seperti Reddit.

Dapatkan Desentralisasi Menyelesaikan Masalah Privasi pada Media Sosial ini?

Desentralisasi telah diperdebatkan sebagai solusi untuk berbagai masalah yang saat ini dihadapi platform media sosial terpusat. Salah satu pendorongnya adalah CEO Twitter Jack Dorsey, yang telah mengumumkan rencana untuk menciptakan standar terbuka dan desentralisasi untuk media sosial.

Dijuluki Bluesky, proyek ini bertujuan untuk mengatasi “solusi dari sistem terpusat yang sepenuhnya baru untuk segera ditemukan” termasuk “dalam penyalahgunaan dan informasi yang menyesatkan”.

Sekarang, dengan adanya Undang-Undang EARN IT yang mengancam perlindungan privasi ini, proyek media sosial yang didesentralisasi dapat menarik perhatian lebih besar.  

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.