Berita Blockchain · 6 min read

Tingkatkan Keamanan, Binance Lakukan Hard Fork!

Binance lakukan hard fork

Binance mengumumkan bahwa akan melakukan hard fork di jaringan Binance Smart Chain (BSC).


Sebelumnya, Binance Smart Chain terkena eksploitasi senilai $600 juta pada 6 Oktober 2022. Langkah hard fork ini merupakan langkah meningkatkan keamanan dan memperbaiki dari kerentanan sistem akibat peretasan atau eksploitasi, Rabu (12/11/22).

Adapun hard fork akan dilakukan untuk testnet dan mainnet: 

  • Mainnet: Upgrade hard fork bernama Moran diharapkan terjadi pada ketinggian blok 22.107.423. Kecepatan pembuatan blok saat ini memperkirakan ini akan terjadi sekitar 12 Oktober 2022 pukul 8:00 pagi (UTC).
  • Testnet: Upgrade hardfork diharapkan terjadi pada ketinggian blok 23.603.940. Kecepatan pembuatan blok saat ini memperkirakan ini akan terjadi sekitar 11 Oktober 2022 pukul 8:00 pagi (UTC).

Sementara perubahan yang diharapkan setelah hard fork tersebut meliputi:

  • Perbaiki kerentanan dalam pemeriksaan hash iavl. Ini pada akhirnya akan bermigrasi ke spesifikasi ICS23.
  • Memperkenalkan header blok dalam pemeriksaan berurutan di CrossChain Contract.
  • Membuat relayer masuk ke whitelisted untuk kandidat genesis, serta akan ada BEP lebih lanjut yang diusulkan tentang bagaimana menentukan calon relayer.

Maka dari itu, layanan setoran dan penarikan di jaringan BSC akan ditangguhkan sementara sebelum proses hard fork dan akan dimulai kembali setelah jaringan yang ditingkatkan dianggap stabil. 

Pembaruan seperti ini juga terjadi di jaringan Ethereum yang sempat terkena eksploitasi pada tahun 2016 sehingga menyebabkan kerugian 360 juta ETH.

Harga BNB Hari Ini

Sementara Harga BNB terus turun sejak kasus eksploitasi mencuat pada 6 Oktober 2022, harga turun hingga 6% dari level tertinggi $297,70 pada grafik harian menjadi ke level $279,80.

Pada saat penulisan harga BNB diperdagangkan seharga $272,58 dan mengalami kenaikan 0,55% selama 24 jam terakhir pada pukul 16.39 WIB, berdasarkan data CoinMarketCap. 

Grafik BNB selama 7 hari. Sumber: CoinMarketCap

Meskipun tengah alami tren turun, BNB tetap berhasil mempertahankan posisinya sebagai cryptocurrency urutan kelima berdasarkan kapitalisasi pasar. 

Baca Juga: Isyana Sarasvati Luncurkan 2022 NFT My Mystery

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.