Binance akan Siapkan Dana Rp15 Triliun untuk Bantu Perusahaan Kripto Bermasalah

Nabiila Putri Caesari

25th November, 2022

Bursa exchange kripto Binance mengatakan bahwa pihaknya akan menyiapkan uang sebesar $1 miliar (Rp15,6 triliun) untuk dana pemulihan industr kripto yang bermasalah.

Dalam laporan Reuters, CEO Binance Changpeng Zhao (CZ) ingin mengalokasikan Rp15 triliun untuk membangun Industry Recovery Initiative (IRI).

“Jika dana $1 miliar itu tidak cukup, maka kami dapat mengalokasikan lebih banyak,” kata CEO Binance Changpeng Zhao dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg.

Inisiasi pengumpulan dana dari Binance ini pun telah menerima komitmen $50 juta dari perusahaan investasi asli crypto termasuk Jump Crypto, Polygon Ventures, dan Animoca Brands.

Untuk Apa Dana Binance?

Dana pemulihan industri yang diusulkan Binance bertujuan untuk memberikan dukungan keuangan bagi proyek-proyek kripto yang hadapi kesulitan keuangan dan tekanan likuiditas.

CEO Binance Changpeng Zhao membagikan alamat dompet publik yang menunjukkan komitmen awalnya dan berkata: “Kami melakukan ini secara transparan.”

Data blockchain publik yang ditinjau oleh CNBC menunjukkan saldo sekitar $1 miliar dalam stablecoin BUSD milik Binance.

BUSD adalah stablecoin yang dikeluarkan oleh perusahaan infrastruktur blockchain Paxos dan disetujui serta diatur oleh Departemen Layanan Keuangan Negara Bagian New York, menurut situs web Paxos.

Inisiatif pengumpulan dana ini dilakukan karena berkaca pada kebangkrutan FTX (bursa exchange) yang menyebabkan efek domino yang besar bagi pasar kripto.

Hancurnya salah satu bursa kripto (FTX) terbesar di dunia juga memicu kekhawatiran seputar kemampuan industri yang berkelanjutan untuk menarik investasi dari modal ventura dan raksasa ekuitas swasta.

Baca Juga: 10 Fakta Mengejutkan dari Dokumen Kebangkrutan FTX

Nabiila Putri Caesari

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.