Berita Industri · 8 min read

Binance Lakukan PHK, Changpeng Zhao Beri Klarifikasi

Binance PHK

Binance akan melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK pada 20% dari 8.000 tenaga kerjanya. Kabar ini disiarkan oleh WuBlockchain pada Kamis, 31 Mei 2023. 

Selang beberapa jam, kabar ini pun direspon oleh CEO Binance, Changpeng Zhao (CZ). Ia menjelaskan bahwa ini merupakan bagian dari program bottom out Binance yang menghentikan orang-orang yang tidak cocok dengan perusahaan.

“Banyak dari mereka adalah orang-orang hebat atau berkinerja tinggi, tetapi mungkin tidak cocok dengan budaya/situasi unik kami. Program’ ini konstan, saya akan mendorongnya setiap minggu,” kata Zhao.

Chief strategy officer Binance, Patrick Hillmann, mengatakan perusahaan secara teratur melakukan “audit kepadatan bakat dan latihan alokasi sumber daya setiap enam bulan atau lebih.”

“Kami secara berkala meninjau bagaimana kami dapat mengalokasikan talenta kami ke tim yang tepat dengan sumber daya yang tepat. Dan terkadang, hal ini pasti mengarah pada pelepasan beberapa karyawan yang mungkin tidak berkinerja baik atau yang mungkin tidak cocok dengan budaya yang tepat,” katanya. 

Kendati mengonfirmasi pengurangan karyawan, Binance tidak menyebutkan dengan pasti berapa tenaga kerja yang diberhentikan. PHK ini terjadi dua bulan setelah Binance dilaporkan mengatakan pada bulan Maret bahwa mereka “tidak merencanakan PHK” dan malah mencoba untuk mengisi 500 peran lagi pada akhir Juni.

Pada saat penulisan, halaman karir Binance menunjukkan 326 posisi terbuka yang mencakup beberapa departemen dan lokasi. Selama bull market terbaru, jumlah karyawan Binance tumbuh dari sekitar 3.000 menjadi hampir 8.000, dengan staf yang berlokasi di seluruh Eropa, Amerika, Timur Tengah, Afrika, dan Asia.

Baca juga: Binance Cegah Justin Sun Ikut Launchpool untuk Koin SUI

Tekanan Regulator Buat Binance Tertekan

Tekanan regulator ke Binance dianggap jadi katalisator pengurangan karyawan ini. Hillmann mengisyaratkan reorganisasi dimaksudkan untuk mengatasi tekanan peraturan yang meningkat yang menargetkan ruang kripto. 

“Regulator di hampir setiap pasar utama juga bekerja lembur untuk memberikan kejelasan yang lebih besar untuk ekspektasi mereka terhadap industri dan kelas aset secara lebih luas, yang semakin menekan organisasi untuk beradaptasi atau tersingkir,” ungkapnya. 

Gambar tweet CZ yang telah dihapus.

Kabar ini turut memicu reaksi dari komunitas untuk mengomentari unggahan CZ yang mengatakan bahwa konsumen harus waspada pada pertukaran kripto yang memberikan imbal hasil kelewat tinggi dan melakukan PHK. Tweet tersebut diketahui telah dihapus oleh CZ. 

Baca juga: Stasiun Televisi China Hapus Tayangan Kripto Usai Komentar CZ

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun. Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.