Biaya Penambangan Bitcoin Dapat Sebabkan Koreksi Harga Lain?

Wafa Hasnaghina

8th Juni, 2020

Pada awal 2020, para peneliti memperkirakan biaya dalam menambang Bitcoin akan berada di sekitar $12.000 hingga $15.000 setelah halving rewards Bitcoin pada bulan Mei lalu. Namun, ternyata biaya penambangan Bitcoin jauh lebih murah dibandingkan perkiraan awal tersebut. Harga titik impas yang rendah untuk menambang Bitcoin dapat membuatnya rentan terhadap koreksi.

Dalam beberapa minggu terakhir, Bitcoin menjadi lebih terjangkau untuk ditambang. Hal ini disebabkan dua faktor utama, yaitu penyesuaian terhadap kesulitan dan listrik yang lebih murah di wilayah Sichuan, Tiongkok sebab datangnya musim hujan.

Harga titik impas Bitcoin yang rendah dapat meningkatkan kemungkinan mundurnya harga karena penambang memiliki lebih banyak insentif untuk menjual BTC, yang dapat meningkatkan tekanan jual dalam jangka pendek.

Biaya Penambangan Setelah Halving

Pada 11 Mei lalu, halving ketiga dalam sejarah Bitcoin terjadi. Peristiwa tersebut terjadi dalam 4 tahun sekali dan mengurangi rewards sebanyak setengah jumlah sebelumnya.

Halving Bitcoin ini dilakukan mengingat raja mata uang crypto ini dari awal hanya memiliki persedian sebanyak 21 juta BTC. Ketika mencapai pasokan maksimum, tingkat produksi BTC menurun untuk memberikan keseimbangan.

Namun, ketika halving terjadi, para penambang mengalami pengurangan hampir 50% dalam pendapatan mereka dalam semalam. Dengan demikian, biasanya menyebabkan penambang yang kelebihan leverage untuk menyerah atau berhenti beroperasi karena biaya tinggi.

Ketika lebih sedikit miners menambang BTC, jaringan Bitcoin secara otomatis menyesuaikan kesulitan dalam penambangan BTC.

Lantaran miners Bitcoin menggunakan daya komputasi dalam penambangan, biasanya pusat pertambangan besar dapat menampung lebih banyak BTC setelah melakukan penyesuain terhadap kesulitan penambangan.

Jaringan blockchain Bitcoin mengalami dua penyesuaian kesulitan dalam tiga bulan terakhir, hal ini memungkinkan penambang besar untuk memiliki pendapatan yang lebih tinggi dalam jangka pendek.

Baca juga: Pool Baru Muncul, Dinamika Penambangan Bitcoin Berubah?

Kelebihan Surplus Bitcoin Jadi Masalah

Menurut beberapa penambang Tiongkok yang berbasis di Sichuan, Tiongkok, biaya listrik di wilayah ini sekitar $ 0,04 per kilowatt-jam. Akibat musim hujan dan melimpahnya pembangkit listrik tenaga air di daerah itu, para eksekutif industri pertambangan menyatakan bahwa pusat-pusat penambangan besar di Tiongkok seringkali dapat menegosiasikan harga listrik yang lebih rendah.

Dengan $ 0,04 / kwh, para penambang yang berbasis di Tiongkok mengatakan bahwa biaya titik impas untuk menambang Bitcoin berada di kisaran $ 5.000 hingga $ 6.000. Bahkan penambang individual yang menjalankan peralatan penambangan komersial seperti Antminer S9 beroperasi dengan biaya titik impas sebesar $ 8.206.

“Agar benar-benar akurat: Pemberian kesulitan penambangan saat ini, $ 0,04 / kWh dan S9 menjalankan custom firmware yang membawanya ke 71W per efisiensi TH. Biaya untuk menambang 1 BTC adalah $ 8206,64. Artinya hal ini masih menguntungkan,” ujar seorang penambang.

Mempertimbangkan biaya untuk menambang Bitcoin baik pada pusat penambangan besar dan penambang individual dapat berkisar antara $ 5.000 dan $ 8.500, penambang memiliki lebih banyak insentif untuk menjual dalam menutupi biaya operasional daripada menahan BTC yang mereka tambang.

Lebih Banyak Jual dibanding Pendapatan?

Menurut data dari ByteTree, penambang Bitcoin tidak menjual banyak Bitcoin dalam seminggu terakhir. Sekitar 6.825 BTC ditambang dan 6.298 BTC dijual, meninggalkan sisa sekitar 527 BTC dalam persediaan bersih.

Pada minggu-minggu sebelumnya, terutama sepanjang bulan Maret, data di jaringan menunjukkan bahwa penambang menjual lebih banyak Bitcoin daripada pendapatan mereka.

Akibatnya harga Bitcoin kesulitan dalam melihat rally jangka pendek meskipun ada penurunan tekanan jual dari penambang sejak awal Juni.

Biaya yang relatif murah untuk menambang Bitcoin dan kegagalan BTC dalam menembus level resistensi multi-tahun pada $ 10.500 lalu dengan lebih sedikit penjual di pasar meningkatkan kemungkinan koreksi lain.

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini