Berbasis Blockchain, Solusi Pembayaran Ganja Akan Diterapkan Arizona

By Aulia Medina     Thursday, August 1 2019

Negara bagian Arizona telah menerima solusi pembayaran berbasis industri ganja yang  berbasis blockchain ke sandbox fintech-nya.

Menurut siaran pers baru-baru ini dari Kantor Kejaksaan Agung, perusahaan – yang disebut Alta – adalah solusi manajemen kas untuk penyedia dan penjual mariyuana medis berlisensi. Startup layanan keuangan yang berbasis di Arizona bermaksud menawarkan stablecoin yang dipatok 1: 1 dengan dolar Amerika Serikat.

Selama fase pengujian sandbox-nya, Alta akan menguji coba platform onboarding dan pengiriman uang anggotanya. Tujuan akhir dari platform ini adalah untuk memungkinkan pengguna membayar barang dan jasa menggunakan stablecoin alih-alih uang fiat.

Masalah perbankan untuk industri ganja

Ganja dilegalkan di beberapa negara bagian di AS tetapi masih dianggap sebagai zat yang dikendalikan dan ilegal oleh pemerintah federal. Karena itu, bank ragu-ragu untuk berurusan dengan bisnis terkait ganja karena akan menjadi alasan bagi pemerintah untuk mencabut asuransi deposito federal mereka, yang merupakan jaringan pengaman keuangan yang penting bagi bank.

Sarah Wessel, salah satu pendiri dan COO Alta, mengatakan bahwa layanan berbasis blockchain ini dapat memberikan layanan keuangan yang penting dan membuat komunitas lokal lebih aman:

Baca juga: Penambangan Crypto Dilegalkan Sebagai Aktivitas Industri Di Iran

“Ekonomi tunai untuk ganja legal di Arizona melebihi $ 350 juta per tahun. Mereka ini adalah perusahaan, inovator, dan wirausahawan yang sah yang dipaksa beroperasi secara tunai. Teknologi pembayaran digital kami mengangkat beban mereka karena dapat beroperasi hanya melalui uang tunai dan membuat komunitas kami lebih aman.”

Bisnis crypto lainnya dan pemerintah negara bagian telah berusaha menjembatani kesenjangan antara ganja dan industri jasa keuangan. Pada tahun 2017, jaringan Dash mulai membayar perusahaan Alt Thirty Six untuk mengintegrasikan Dash sebagai opsi pembayaran dalam sistem point-of-sale industri ganja.

Dari sisi legislatif, anggota parlemen di negara bagian California mengusulkan RUU pada bulan Februari yang akan menerima crypto untuk pembayaran pajak dari bisnis terkait ganja. RUU yang tidak keluar dari komite sejak Maret tersebut bertujuan untuk membebaskan kantor-kantor pajak dari tumpukan besar uang yang dibawa oleh bisnis-bisnis ganja yang berat.

Arizona Fintech Sandbox

Arizona menjadi negara bagian pertama yang memperkenalkan aturan sandbox pada Maret 2018. Anggota Kongres Republik, Jeff Weninger dilaporkan mensponsori undang-undang di belakang kotak pasir. Weninger mengomentari potensi kasus penggunaan yang lebih luas, dengan mengatakan:

“Sangat menyenangkan memiliki Alta sebagai peserta terbaru di Arizona FinTech Sandbox. Ada potensi besar untuk teknologi stablecoin dalam bisnis padat uang di seluruh dunia, dan Arizona beruntung memainkan peran penting dalam pengembangan dan pertumbuhan industri yang sedang berkembang ini.”

Sumber