Berita Mining · 5 min read

Penambangan Crypto Dilegalkan Sebagai Aktivitas Industri Di Iran

Pemerintah Iran telah mengesahkan penambangan crypto sebagai aktivitas industri.

Sebuah laporan dari Mehr News Agency milik IIDO pada 29 Juli mengungkapkan bahwa keputusan itu diambil akhir pekan ini, selama sesi kabinet hari Minggu yang diketuai oleh Presiden Iran Hassan Rouhani.

Langkah pertama menuju legalisasi kripto?

Sekarang setelah penambangan crypto telah disahkan secara resmi, entitas yang terlibat dalam aktivitas tersebut akan diminta untuk mendapatkan lisensi dari Kementerian Perindustrian, Tambang dan Perdagangan Iran, catatan laporan itu.

Mehr News mengklaim bahwa banyak ahli menafsirkan langkah tersebut sebagai langkah pertama menuju legalisasi cryptocurrency di Iran, mencatat potensi penggunaan kelas aset untuk mengatasi dampak melumpuhkan dari sanksi Amerika Serikat terhadap negara tersebut.

Namun keputusan pemerintah dilaporkan menggarisbawahi bahwa penggunaan cryptocurrency untuk transaksi domestik tetap dilarang dan bahwa mereka yang terlibat dalam industri harus memikul tanggung jawab atas risiko tanpa jaminan dari pemerintah atau sektor perbankan lokal.

Baca juga: White Paper Libra Hasil Jiplakan Seorang Profesor?

Tarif listrik bersubsidi – saat ini setengah persen per kilowatt – di Iran konon bahkan mendorong para penambang dari pusat-pusat pertambangan seperti Cina untuk memindahkan operasi mereka ke negara itu, Mehr News Agency melaporkan.

Sikap yang berkembang terhadap pertambangan

Seperti yang dilaporkan Cointelegraph sebelumnya, Industri Listrik Iran baru-baru ini mengungkapkan niatnya untuk menaikkan harga listrik hingga 7 sen per kilowatt untuk penambang. Para pejabat terus memperdebatkan bagaimana menghadapi meningkatnya popularitas kegiatan di negara itu, dengan satu menteri pemerintah mengatakan bahwa Iran telah menjadi “surga bagi para penambang.”

Berita rencana untuk mengesahkan penambangan cryptocurrency di negara itu muncul awal bulan ini ketika Abdolnaser Hemmati, gubernur Bank Sentral Iran, mengindikasikan bahwa Komisi Ekonomi telah menyetujui ide tersebut secara prinsip dan akan mengajukannya untuk dibahas segera oleh Kabinet.

Komisi, menurut pernyataan Hemmati, berpendapat bahwa “industri cryptocurrency harus diakui sebagai industri resmi di Iran untuk membiarkan negara mengambil keuntungan dari pajak dan pendapatan bea cukai.”

Pihak berwenang telah terlibat dalam penambangan tanpa izin awal musim panas ini, menyita sekitar 1.000 unit mesin penambangan dari dua pabrik yang sekarang mati dan memutuskan aliran listrik ke penambang menjelang kenaikan harga energi yang direncanakan.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.