Penambangan Crypto Dilegalkan Sebagai Aktivitas Industri Di Iran

By Aulia Medina     Monday, July 29 2019

Pemerintah Iran telah mengesahkan penambangan crypto sebagai aktivitas industri.

Sebuah laporan dari Mehr News Agency milik IIDO pada 29 Juli mengungkapkan bahwa keputusan itu diambil akhir pekan ini, selama sesi kabinet hari Minggu yang diketuai oleh Presiden Iran Hassan Rouhani.

Langkah pertama menuju legalisasi kripto?

Sekarang setelah penambangan crypto telah disahkan secara resmi, entitas yang terlibat dalam aktivitas tersebut akan diminta untuk mendapatkan lisensi dari Kementerian Perindustrian, Tambang dan Perdagangan Iran, catatan laporan itu.

Mehr News mengklaim bahwa banyak ahli menafsirkan langkah tersebut sebagai langkah pertama menuju legalisasi cryptocurrency di Iran, mencatat potensi penggunaan kelas aset untuk mengatasi dampak melumpuhkan dari sanksi Amerika Serikat terhadap negara tersebut.

Namun keputusan pemerintah dilaporkan menggarisbawahi bahwa penggunaan cryptocurrency untuk transaksi domestik tetap dilarang dan bahwa mereka yang terlibat dalam industri harus memikul tanggung jawab atas risiko tanpa jaminan dari pemerintah atau sektor perbankan lokal.

Baca juga: White Paper Libra Hasil Jiplakan Seorang Profesor?

Tarif listrik bersubsidi – saat ini setengah persen per kilowatt – di Iran konon bahkan mendorong para penambang dari pusat-pusat pertambangan seperti Cina untuk memindahkan operasi mereka ke negara itu, Mehr News Agency melaporkan.

Sikap yang berkembang terhadap pertambangan

Seperti yang dilaporkan Cointelegraph sebelumnya, Industri Listrik Iran baru-baru ini mengungkapkan niatnya untuk menaikkan harga listrik hingga 7 sen per kilowatt untuk penambang. Para pejabat terus memperdebatkan bagaimana menghadapi meningkatnya popularitas kegiatan di negara itu, dengan satu menteri pemerintah mengatakan bahwa Iran telah menjadi “surga bagi para penambang.”

Berita rencana untuk mengesahkan penambangan cryptocurrency di negara itu muncul awal bulan ini ketika Abdolnaser Hemmati, gubernur Bank Sentral Iran, mengindikasikan bahwa Komisi Ekonomi telah menyetujui ide tersebut secara prinsip dan akan mengajukannya untuk dibahas segera oleh Kabinet.

Komisi, menurut pernyataan Hemmati, berpendapat bahwa “industri cryptocurrency harus diakui sebagai industri resmi di Iran untuk membiarkan negara mengambil keuntungan dari pajak dan pendapatan bea cukai.”

Pihak berwenang telah terlibat dalam penambangan tanpa izin awal musim panas ini, menyita sekitar 1.000 unit mesin penambangan dari dua pabrik yang sekarang mati dan memutuskan aliran listrik ke penambang menjelang kenaikan harga energi yang direncanakan.

Sumber