Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Altcoins · 8 min read

Bank Sentral Thailand Luncurkan Proyek Percontohan Mata Uang Digital

Bank Sentral Thailand mengumumkan perencanaan terkait proyek pengembangan prototipe dalam menguji kasus penggunaan bisnis kehidupan nyata dari mata uang digital bank sentral (CBDC).

Dalam pernyataan resminya, sebelum meluncurkan sistem pembayaran CBDC ini untuk penggunaan pada seluruh aspek bisnis, pihak bank berencana mengujinya terlebih dahulu dengan perusahaan skala besar.

Mereka telah bermitra dengan penyedia material semen dan bangunan terbesar di Thailand, Siam Cement Group (SCG), dan perusahaan fintech yang berbasis di Thailand Digital Ventures Company Limited dalam menguji coba sistem prototipe pembayaran mereka.

Proyek Mata Uang Digital Bank Sentral Thailand

Proyek ini dijadwalkan akan dimulai pada Juli 2020 dan uji coba dengan SCG diharapkan selesai pada akhir tahun ini. Dengan pembayaran CBDC, bank bertujuan menciptakan sistem pembayaran yang lebih efisien dengan peningkatan fleksibilitas dalam transfer dana dan penyelesaian pembayaran yang lebih cepat antar pemasok.

Setelah uji coba, Bank Sentral Thailand akan menilai kelayakan sistem dan cara agar memudahkan pengintegrasian pembayaran CBDC pada platform bisnis lainnya.

Baca juga: Proyek Digitalisasi Dolar AS Dimulai?

Pihak Bank mengatakan akan membangun prototipe pembayaran mata uang digital berdasarkan pengalaman Project Intathon, sebuah  proyek pembayaran grosir CBDC kolaboratif yang dilakukan oleh Bank Sentral Thailand dan delapan lembaga keuangan lainnya yang selesai pada Januari lalu.

Negara-negara Besar Meninjau Potensi Mata Uang Digital

Tiongkok sudah lama menjadi yang terdepan di antara banyak negara yang sedang bereksperimen dalam pengembangan mata uang digital ini. Meskipun masih ada desas-desus terkait waktu pasti dalam peluncuran yuan digitalnya, negara ini terus menekankan pentingnya mata uang digital dan meningkatkan proses pengembangannya.

Baca juga: Terungkap, Dompet Digital Bank Sentral Tiongkok Segera Rilis?

Baru-baru ini, Bank Sentral Kanada memposting lowongan pekerjaan berjudul “Project Manager CBDC”, yang menandakan bahwa Kanada juga telah melangkah ke ruang mata uang digital bank sentral. Banque de France juga berhasil menguji euro digital pada bulan lalu.

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.