Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Bank Sentral Rusia Akui Tidak Dapat Larang Bitcoin

anisa giovanny     Saturday, March 21 2020

Direktur departemen hukum Bank Rusia telah mengakui bahwa Bitcoin tidak sepenuhnya legal di sana, tetapi crypto juga tidak dilarang untuk beredar di Rusia. 

Hal ini membuat anggapan jika Bitcoin di Rusia memang  tidak akan pernah melarang Bitcoin dan aset kripto lainnya.  Ini menimbulkan situasi hukum yang membingungkan dan sulit di Rusia untuk beberapa waktu sekarang.

Bulan lalu, BeInCrypto melaporkan bahwa beberapa rekening bank terkait cryptocurrency dapat dibekukan di negara tersebut. Pembayaran Cryptocurrency juga mendapat kecaman karena merusak rube, mata uang resmil Rusia.

Bank Sentral Rusia telah berulang kali mendukung larangan dan tetap tegas terhadap Bitcoin. Namun, sepertinya menegakkan dikte seperti itu terbukti tidak mungkin  dan pemerintah Rusia langsung mengakui hal ini baru-baru ini.

Dilansir dari BeInCrypto baru-baru ini, direktur departemen hukum Bank Rusia, Alexei Guznov, mengatakan bahwa larangan itu tidak mungkin. Namun, dia mengatakan bahwa cryptocurrency sedang digunakan secara aktif untuk pencucian uang dan kegiatan ilegal.

Dia juga menekankan bahwa cryptocurrency adalah “bukan uang.” Namun, pengeluaran Bitcoin tidak dapat dihentikan.  

“ Kami tidak mungkin dapat membatasi ini, “ ujar Guznov.

Baca juga: Rusia Ubah Pabrik Zaman Soviet Jadi Tambang Bitcoin

Warga Rusia Suka Cryptocurrency

Tidak dapat disangkal bahwa cryptocurrency tetap sangat populer di Rusia. Namun, oposisi dari pemerintah pu merasa aneh dengan terjeratnya orang Rusia dengan dunia cryptocurrency.

Tahun lalu, terungkap sebuah ladang pertambangan Bitcoin besar yang dimiliki oleh seorang pembantu Presiden Putin. Negara Rusia juga telah berupaya menciptakan pusat keuangan di perbatasan antara Rusia dan Cina, khususnya untuk perdagangan mata uang kripto.

Jadi, tampaknya negara Rusia lebih dari rela mengeksploitasi cryptocurrency untuk tujuannya sendiri tetapi ingin mencegah rakyatnya melakukan hal itu.

Berita baiknya adalah sekarang mereka telah mengakui bahwa mereka tidak dapat melarang cryptocurrency di negara ini, tetapi pengakuan diam-diam ini masih menempatkan industri dalam risiko serius di sana.

Namun, ini adalah kabar baik bagi mereka yang takut Bitcoin mungkin akan diblokir. Ketakutan-ketakutan itu sekarang bisa dilupakan dan bisa menggunakan cryptocurrency dengan nyaman.

Sumber