Berita Regulasi · 6 min read

Bank Sentral Brazil Klasifikasi Crypto Lewat Petunjuk IMF

Bank Sentral Brazil sedang mengklasifikasikan aset cryptocurrency yang akan dibeli atau dijual berlandaskan petunjuk yang dibuat oleh IMF.

Pada 26 Agustus, Bank Sental Brazil mengumumkan terkait keputusannnya dalam jual beli aset crypto. Berdasarkan standar klasifikasi baru buatan IMF, jenis cryptocurrency yang diperdagangkan akan diklasifikasikan sebagai produk non-keuangan. Karena hal tersebut lah yang nantinya akan diperhitungkan sebagai barang pada neraca bank sentral negara itu.

Sama halnya dengan neraca bank biasa, neraca bank sentral berguna untuk merangkum posisi keuangannya yang di dalamnnya terdiri dari aset, ekuitas dan liabilitas.

Signifikansi cryptocurrency di neraca bank

Dikarenakan pembelian dan penjualan cryptocurrency melibatkan pelaksanaan kontrak dengan valuta asing, bank sentral mempertimbangkan penjualan dan pembelian aset crypto dalam statistic tingkat ekspor dan impor mereka. Selain itu, dikarenakan Brazil merupakan importir bersih aset kripto maka hal tersebut berkontribusi dalam menurunkan surplus perdagangan di neraca mereka.

Menurut Cointelegraph Brasil, klasifikasi cryptocurrency sebagai barang adalah signifikan. Pengakuan cryptocurrency sebagai properti telah membuatnya layak untuk digunakan sebagai mekanisme pembayaran untuk kegiatan sehari-sehari negara tersebut.

Bank Sentral juga memberikan pernyataannya bahwa penggunaan petunjuk IMF pada klasifikasi ini direkomendasikan oleh Komite Statistik Neraca Pembayaran. Komite tersebut berperan sebagai penasihat untuk Departemen Statistik IMF yang berfokus pada metodologi statistik sektor eksternal.

Pengawasan yang ketat pada Libra

Berdasarkan petunjuk klasifikasi yang tercantum, IMF menyerukan pengawasan yang ketat terhadap Libra. Entah mengapa petunjuk yang diberikan IMF tersebut memposisikan mata uang Facebook tersebut sebagai sesuatu yang perlu diawasi secara ketat.

Baca juga: Bank Sentral Jerman: Pemerintah Harus Netral Terhadap Libra FB

Kepala ekonom IMF, Gita Gopinath bergabung dengan para pejabat lainnya dalam merekomendasikan bahwa para regulator harus waspada dalam mengamati dan mengambil tindakan terhadap Libra. Gopinath secara khusus meminta regulator global untuk bertindak segera. Mengutip beberapa kekhawatiran spesifik tentang Libra, Gopinath mengatakan:

“Jika Anda melihat secara khusus pada negara-negara yang tidak terdapat mata uang cadangan, apakah ini akan menyebabkan dolarisasi secara diam-diam? Semua pertanyaan ini intinya memuat apakah pemeriksaan dan penyeimbangan yang dilakukan cukup untuk mencegah terjadinya pencucian uang. Itu sangatlah penting”

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dhila Rizqia

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.