Bank PNC Gunakan Ripple Untuk Pembayaran Lintas Batas

By adam rizky     Saturday, August 31 2019

PNC, Bank terbesar kedelapan di AS telah menjadi institusi pertama di negaranya yang menggunakan jaringan RippleNet untuk pembayaran lintas batas. Bank tersebut memiliki total aset hampir 400 juta USD.

Pada tanggal 29 Agustus, Fintech Future melaporkan bahwa manajemen perbendaharaan PNC sekarang menawarkan pembayaran lintas batas berbasis RippleNet untuk klien komersil mereka. Penggunaan teknologi tersebut memungkinkan menerima pembayaran dari pembeli luar negeri berdasar faktur mereka yang diberikan secara instan. Hal tersebut akan mengubah cara mereka mengelola piutang global dan memungkinkan mereka untuk mengelola modal kerja dengan baik.

Ripple: Kerjasama dengan MoneyGram membuahkan hasil

Berdasarkan laporan pada September 2018, PNC melaporkan pertama kalinya bahwa mereka telah merencanakan penggunaan RippleNet. Selain itu secara spesifik mereka juga telah merencanakan produk likuiditas mereka, xCurrent.

Pada waktu itu, pengumuman tersebut telah menyebabkan nilai token digital XRP melambung. Namun di saat waktu penulisan pemberitahuan tersebut, harga XRP tidak terlihat adanya pendorongan dalam pasar crypto secara meluas. Aset mereka berwarna merah karena adanya penurunan pada penjualan sekitar 6% pada hari itu.

Namun, Kepala Pasar Institusi Global, Breanne M. Madigan minggu ini memberikan pernyataannya bahwa harga bukanlah satu-satunya parameter yang diincar perusahaan.

Madigan membagikan data pada 23 Agustus terkait pengumuman penurunan volume penjualan XRP berkisar 65% pada keseluruhan. Serta volume XRP/MXN pada bursa crypto Meksiko melonjak lebih dari 25% selama periode pembayaran MoneyGram ke Meksiko melalui XRP ditayangkan. Madigan berkata, data merupakan sebuah sinyal dari kasus penggunaan nyata yang menggiring volume nyata.

Pada bulan Juni Ripple telah mengumumkan pembayaran pasak 10% pada MoneyGram, yang merupakan bagian dari total kerjasama sebesar 30 juta USD. MoneyGram disebut-sebut juga sebagai perusahaan pengiriman global terbesar kedua. Ketentuan utama pada kesepakatan itu ialah mulainya penggunaan xRapid oleh MoneyGram.

Baca juga: Kerjasama MoneyGram dengan Ripple

CEO Ripple, Brad Garlinghouse mengklaim bahwa setahun sebelumnya, MoneyGram setuju akan adanya dampak konsekuensial lebih pada pasar crypto dibandingkan whitepaper Libra.

Reaksi para pemegang XRP

Minggu ini, Garlinghouse telah diminta untuk memberikan komentarnya terkait beberapa kontroversi yang mengitari proyek Ripple. Pada saat itu juga, terjadi frustasi berkelanjutan dari pemegang token terkait pandangan mereka akan konsekuensi negatif pasar mengenai penjualan XRP oleh Ripple ke kliennya.

Pada kelangsungan dari kejadian tersebut, Gugatan pada Ripple yang sedang berjalan telah berhasil diamandemenkan. Gugatan tersebut dilayangkan oleh investor yang tidak puas atas dugaan penjualan XRP sebagai keamanan tidak terdaftar yang melanggar hukum.

Sumber