Berita Industri · 7 min read

Bank di Jepang Gunakan Token Soulbound untuk Verifikasi Identitas

Bank Jepang gunakan Token Soulbound

Bank terbesar kedua di Jepang, Sumitomo Bank (SMBC) mengumumkan akan menggunakan token soulbound untuk memverifikasi identitas. 

Token soulbound merupakan  token NFT yang diperoleh dari berbagai kegiatan, misalnya pendidikan atau pekerjaan dan disimpan di wallet bernama soul.

Sumitomo Mitsui Financial Group (FG) bekerja sama dengan HashPort Group untuk tujuan ini, yang merupakan hasil negosiasi yang dimulai pada Juli 2022, kemudian kedua pihak mengumumkan kesepakatan bisnis ini pada 8 Desember 2022.

Bank memiliki beberapa kasus penggunaan yang disiapkan untuk token tersebut, meskipun pada awalnya, ini akan digunakan murni untuk verifikasi identitas. Ia mengharapkan untuk bekerja sama dengan perusahaan lain untuk membantu mereka terlibat dengan pengguna mereka melalui token, melansir dari media lokal Jepang.

Hal ini juga bermanfaat bagaimana token tersebut dapat memverifikasi penggunanya ketika mereka berganti pekerjaan, dan juga memverifikasi latar belakang individu.

Sementara SMBC akan menerbitkan token soulbound sebagai uji coba yang didukung penuh oleh HashPort hingga akhir Maret 2023.

Baca Juga: Jepang Mulai Eksperimen Mata Uang Digital Bank Sentral

Popularitas Token Soulbound 

Token soulbound menjadi topik hangat tahun ini ketika pendiri Ethereum, Vitalik Buterin merilis whitepaper tentang token tersebut.

Dalam whitepaper tersebut bahwa token mewakili identitas seseorang di dunia digital, berarti pada dasarnya akan memverifikasi kredensial untuk memungkinkan mereka berpartisipasi dalam berbagai aktivitas.

Token yang mewakili identitas seseorang merupakan  evolusi dari NFT. Karena sifatnya yang sama ‘unik’ tetapi tidak dapat ditransfer. Dengan demikian, mereka tidak memiliki nilai nyata di pasar, namun memiliki beberapa manfaat, salah satunya termasuk mengurangi risiko penipuan di industri kripto.

Baca juga: Mengenal Token Soulbound SBTs Ciptaan Vitalik Buterin

Jepang Tingkatkan Minat Terhadap Web3

Keputusan SMCG untuk menguji token soulbound adalah lebih banyak bukti bahwa entitas di Jepang sangat ingin memanfaatkan web3. Pemerintah Jepang telah mendorong pengembangan ruang ini dan berharap dapat menarik bisnis dan meningkatkan perekonomian.

Melampaui token soulbound, SMBC dan HashPort juga dapat melihat NFT dan pengembangan infrastruktur web3 untuk penetrasi bisnis domestik dan luar negeri.

SMBC dan HashPort telah melakukan pembicaraan untuk meluncurkan upaya bisnis kolaboratif untuk mengembangkan zona ekonomi web3 sejak Juli 2022.

Lebih lagi, menurut Beincrypto, Kementerian Ekonomi Jepang bahkan telah meluncurkan kantor web3 yang berfokus secara ketat pada kebijakan web3. Kementerian Digital Jepang juga akan membuat DAO untuk mengembangkan pemahaman tentang cara kerja teknologi.

Baca Juga: Jepang akan Investasi ke Metaverse dan NFT!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.