Berita Blockchain · 6 min read

Bank Australia Gunakan Ethereum Sebagai Dasar Mata Uang Digital

Kabar terbaru dari Australia. Reserve Bank of Australia (RBA) sedang dalam tahap mengeksplorasi potensi terkait dengan Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC). Rumor yang beredar bank tersebut memilih blockchain Ethereum sebagai dasar jaringan.

Saat ini, RBA bekerja sama dengan dua bank terbesar di Australia dan perusahaan perangka lunak Ethereum terkemuka, ConsenSys. Diharapkan perancangan proyek ini akan rampung pada awal 2021 mendatang. 

Australia Rencanakan Mata Uang Digital

Asisten gubernur RBA Michele Bullock menjelaskan tujuan dari proyek penelitian ini adalah untuk menguji kelayakan CBDC saat digunakan langsung di dalam industri finansial. Terlebih, nantinya CBDC ini akan digunakan dengan melibatkan transaksi antar lembaga seperti perusahaan dan bank. 

Meskipun kasus penggunaan CBDC di pasar ini masih dalam tahap penelitian, kami senang dapat berkolaborasi dengan mitra industri untuk mengeksplorasi peran CBDC dalam sistem pembayaran di Australia di masa mendatang.

Sistem Mata Uang Digital Negara Lain

Seperti yang diketahui, banyak negara yang saat ini berlomba-lomba meneliti perkembangan mata uang digital bank sentral. 

Negara paling pertama yang mengaktifkan CBDC ini di dalam sistem keuangan negaranya adalah China. 

Tidak hanya itu, Swedia dan Kepulauan Bahama termasuk negara yang juga mulai aktif mengembangkan CBDCnya sendiri. 

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.