Hack dan Scam · 7 min read

Bawa Kabur $2,6 Juta, Baller Ape NFT Dituntut Pemerintah Amerika

Bawa Kabur $2,6 Juta, Baller Ape NFT Dituntut Pemerintah Amerika

Seorang developer dari proyek NFT dikabarkan dapat menerima masa penjara dari Kementerian Kehakiman Amerika hingga 40 tahun.

Hal ini disebabkan adanya kegiatan penipuan yang membuat banyak investor mengalami kerugian hingga lebih dari $2 Juta. 

Developer NFT Baller Ape Dituntut Pemerintah 

Developer dari proyek NFT Baller Ape yang dikabarkan telah melakukan penipuan melalui rug pull dan kabur dengan pendapatan proyeknya sebesar $2,6 Juta. 

Penipu tersebut saat ini telah tertangkap dan akan dituntut oleh Kementerian Kehakiman Amerika dengan hukuman hingga 40 tahun di penjara. 

Penipuan ini terjadi pada tahun 2021 dimana developer utama Baller Ape NFT, Le Anh Tuan, dari Vietnam berhasil membuat proyeknya terkenal dan dibeli banyak investor NFT.  

Hingga saat ini, Baller Ape NFT adalah penipuan NFT terbesar yang pernah ada akibat dana yang didapatkan penipuan ini. 

Kasus ini juga salah satu kasus yang rumit dan masih terus dalam tahap penyelidikan sehingga terus mendapatkan tuntutan kesalahan baru. 

Developer utama dan pemilik proyek NFT ini, Le Anh Tuan, dikabarkan dituntut atas dasar penipuan dan pencucian uang. 

“Menurut hasil penyelidikan, satu hari setelah Baller Ape NFT berhasil terjual, Tuan dan tim melakukan rug pull dengan mengakhiri proyek secara dadakan, menghapus situs resmi, dan mencuri uang investor.” Ujar perwakilan Kementerian Kehakiman Amerika. 

Tuan juga dituduh melakukan pencucian uang dengan metode “chain-hopping” dimana ia memindahkan dana yang ia curi ke beberapa blockchain untuk mempersulit pelacakan. 

Ia juga mengubah dana yang ia curi ke beberapa crypto untuk mempersulit pelacakan dan menyebar dananya ke beberapa wallet

Banyak Kasus Crypto Lain  

Baller Ape NFT bukan satu-satunya proyek yang sedang dituntut oleh Kementerian Kehakiman Amerika saat ini. 

Sebab, dalam publikasi tuntutan hukum yang diberikan, terdapat enam tersangka dalam empat kasus, dan Baller Ape NFT adalah satu dari empat kasus tersebut. 

Seluruh kasus ini adalah kasus penipuan yang mengaitkan atau mengatasnamakan sebuah proyek crypto. 

EmpiresX, perusahaan investasi crypto sedang mengalami tuntutan dari pemerintah Amerika karena mengadakan penjualan saham secara ilegal. Perusahaan ini juga dituduh melakukan pencucian uang. 

Terlibat dengan kasus ini adalah perusahaan Titanium, penyedia jasa infrastruktur blockchain, karena memberi testimoni dan informasi palsu. 

Perusahaan ini melakukan penipuan dengan cara mengaku memiliki hubungan dengan pemerintah Amerika dan perusahaan Apple untuk membuat kredibilitas palsu saat melaksanakan penjualan koin awalnya atau Initial Coin Offering

Terakhir adalah Circle Society yang sedang mengalami tuntutan atas dasar penipuan terkait crypto. 

Perlu diketahui bahwa dengan masuknya crypto ke bear market, akan banyak perusahaan terkait crypto yang tertangkap atas manipulasi atau penipuan. 

Hal ini disebabkan dengan berakhirnya bull market, seluruh keuntungan akan berkurang dan fenomena keuntungan yang sebelumnya digunakan sebagai pelindung operasional penipuan dan manipulasi akan hilang. 

Sehingga saat ini dapat dimanfaatkan untuk investor dan calon pemilik proyek untuk belajar bagaimana membangun dan memilih proyek yang baik serta menjauhi pelanggaran hukum namun tetap mengadopsi inovasi. 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.