Art Moments Jakarta Umumkan Pemenang NFT Art Prized Moments 2021

Anisa Giovanny

14th December, 2021

Art Moments Jakarta mengumumkan pemenang dari kompetisi NFT Art Prized Moments 2021 pada di ISA Art & Design, Wisma BNI 46 Jakarta.

Kompetisi berskala nasional ini merupakan bagian dari Art Moments Jakarta Online edisi kedua yang berlangsung dari 22 November hingga 21 Desember 2021.

Kompetisi NFT ini menggunakan blockchain Tezos yang ramah lingkungan dan menjadi kompetisi NFT Art pertama di Asia Tenggara.

Latar belakang peserta di kompetisi ini pun beragam, mereka diharuskan membuat karya dengan tema waktu, seluruh kaya telah disubmit pada 30 Oktober hingga 30 November lalu

Seleksi 10 Finalis Terbaik

Seleksi 10 finalis terbaik dilakukan pada tanggal 1 hingga 6 Desember 2021 oleh para juri kompeten, diantaranya Detty Wulandari sebagai Kolektor Seni NFT.

Kemudian, Khai Hori yang merupakan Kurator Senior sekaligus presiden AGAS (Art Galleries Association of Singapore) dimana sebelumnya Kurator Senior di Singapore Art Museum, dan telah sukses menjadi Deputi Program Direktur Palais de Tokyo di Paris, serta Kurator Senior di National Heritage Board, Singapore.

Dewan juri terakhir yaitu Prasajadi, seorang NFT Artist sekaligus Founder dari MetaRupa. Seleksi pemenang telah dilakukan pada 7 hingga 8 Desember 2021, dengan mekanisme penjurian ketat.

Kompetisi NFT Art Prized Moments 2021 didukung oleh segenap sponsor utama, diantaranya Tezos APAC dan The Balvenie. Total hadiah yang diraih para pemenang, sebesar t32 juta Rupiah untuk empat orang, di mana juara pertama berhak mendapatkan 15 juta, peringkat kedua 10 juta dan peringkat ketiga 5 juta rupiah.

 Selain itu, terdapat pula kategori People’s Choice Winner, yakni pemenang dipilih dari hasil voting masyarakat dan  mendapat hadiah uang tunai senilai dua juta Rupiah. Keempat peserta yang mengemban peringkat juara, masing-masing mendapat 1 buah botol Whiskey dari The Balvenie.

“Kami sangat apresiasi seluruh finalis, yang sudah tiba di tahap 10 besar ini, Art Moments Jakarta tentu bangga bisa menghadirkan kompetisi NFT pertama di indonesia, serta berkontribusi dalam melahirkan seniman digital melalui karya NFT yang luar biasa” ujar Sendy Widjaja, Operations Director of Art Moments Jakarta.

Kompetisi ini hadir tak lepas dari industri Blockchain yang sedang berkembang pesat dan menarik perhatian, salah satunya adalah hadirnya Non Fungible Token atau NFT, salah satu cara yang dapat digunakan seniman untuk memperkenalkan karya dengan versi digital. Dengan minat NFT yang kian besar, ini menjadikan NFT Art Prized Moments 2021 sebagai momentum berharga, bagi para seniman yang tertarik untuk berkarya dengan bentuk NFT.

 “Kami bangga menjadi wadah dan turut berpartisipasi dalam NFT Art Prized Moments 2021, seperti kita tahu bahwa saat ini seni NFT cukup menarik perhatian, sebab karya digital bisa diubah menjadi sebuah aset dengan kepemilikan sah,” Kata  David Tng, selaku Head of Growth Tezos APAC.

Sementara itu, pameran seni NFT dihelat pada 10 sampai 18 Desember 2021, di ISA Art & Design, Wisma BNI 46 Jakarta, terbuka untuk umum.

PEMENANG NFT Art Prized Moments 2021

Penyerahan hadiah untuk juara pertama NFT Art Prized Moments 2021
Penyerahan hadiah untuk juara pertama NFT Art Prized Moments 2021

1. Juara Pertama NFT Art Prized Moments 2021:

Muhammad Sabiq Hibatulbaqi, dengan judul karya “Melancholy of Doubt and Fear”.

Filosofi: Rasa ragu dan takut selalu ada. Bertanya-tanya apakah waktu bisa

menghilangkan perasaan itu atau malah waktu yang menghasilkan perasaan itu?

Waktu yang selalu menghantui Anda.

2. Peringkat Kedua NFT Art Prized Moments 2021:

Dom Raditya, dengan judul karya “Meet My Self”

Filosofi: Jika Anda dapat memutar waktu, apa yang ingin anda katakan kepada diri

Anda sewaktu muda?

3. Peringkat Ketiga NFT Art Prized Moments 2021:

Fauzi Raisyuli, dengan judul karya “We’re all made of time”

Filosofi: Seorang anak kecil dari mimpi bertanya padaku yang mana yang diciptakan

lebih dulu? Manusia atau waktu? Aku terdiam dengan pertanyaan itu, aku tidak bisa

menjawabnya sekarang tapi aku percaya kita diciptakan oleh waktu.

4. Predikat People’s Choice NFT Art Prized Moments 2021:

Ferdinan Linardi, dengan judul karya “Metamorphosis”

Filosofi: Berdasarkan kisah nyata, ‘Metamorphosis’ menghadirkan perjalanan audio

visual metaforis tentang kehadiran waktu dan harapan dari sudut pandang seorang

pemuda 23 tahun yang hidup dengan alat bantu jalan.  

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency